10 Kemampuan Dasar Online Marketing yang Wajib Anda Miliki - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Rabu, 21 Juli 2021

10 Kemampuan Dasar Online Marketing yang Wajib Anda Miliki

 

Pada zaman modern kini, keahlian online marketing diperlukan dalam berbagai hal. Khususnya untuk para pebisnis online. Sebetulnya, tujuan utama online marketing yakni untuk menemukan calon pembeli atau leads, menimbulkan penjualan dan memperkenalkan merek lebih luas. Namun tetap saja tugas team online marketing kerap kali secara tak langsung juga diminta untuk menaikkan hasil secara berarti. Kecuali itu, terdapat pola bagaimana tim ditugaskan menurut bagiannya.

Oleh karena itu, team online marketing memerlukan beberapa keahlian yang berbeda supaya bisa meraih hasil yang maksimal. Berikut ini sepuluh kemampuan dasar online marketing yang wajib Anda miliki saat berniat terjun ke dalam jagat online marketing dan paling dicari oleh perusahan-perusahaan.


1. Desain Website

Desain dari website bisnis Anda berfungsi besar dalam memikat calon pembeli. Maka dari itu, pemasar yang mempunyai keahlian menganalisa desain website amat dicari oleh perusahaan. Pemasar yang bisa memberikan sebuah kesan yang menjual dan mewakili brand-nya pasti memperoleh nilai tambah tersendiri.


2. Mengelola Media Sosial

Media sosial merupakan alat paling efektif untuk meraih beragam keuntungan. Lantaran konsumen sekarang tidak lagi mengenal jarak dan waktu. Mereka lebih sering aktif di jagat internet seperti Instagram dan Facebook. Hal itu merupakan peluang yang jangan Anda lewatkan sebab konsumen memiliki potensi besar mengetahui brand/merek yang Anda jual lewat media sosial. Sebagai seorang pemasar, kelihaian dalam mengelola media sosial diperlukan sekali.


3. Mengenal Google AdWords dan Bing Ads

Umumnya, pembeli akan mencari produk/jasa yang mudah untuk dibeli dan mudah ditemukan di halaman pencarian search engine. Memakai Google AdWords dapat mempermudah Anda untuk meraih pembeli Anda. Janganlah lupa, untuk memberi layanan permintaan secara real time karena hal ini merupakan hal paling esensial dari online marketing.


4. Menganalisis Data Secara Efektif

Anda pasti melakukan survei kepada toko lain, berapa harga dari barang-barang yang dijual mereka, bagaimana cara mereka menarik konsumen, dll, sebelum Anda membuka toko. Demikian pula dengan pemasaran online. Menelusuri website apa saja yang kerap dikunjungi orang merupakan syarat utama. Disamping itu, untuk mencari tahu cara mereka menarik calon konsumen/pelanggan. Tujuannya pasti untuk mengenali konsumen mereka dan menaikkan omset penjualan secara cepat.

Caranya dapat dengan memanfaatkan Google Analytic maupun informasi dari pihak lainnya. Analisis data dibutuhkan untuk menilai kinerja dan memaksimalkan penjualan.


5. Paham SEO

SEO (Search Engine Optimization) secara menyeluruh dipercaya untuk menunjang pencarian berbayar saat memakai Google AdWords. Salah satu elemen dari SEO ialah penggunaan kata kunci (key word) yang relevan dan penting pada halaman website. Tarif Google Adwords ternyata dipengaruhi oleh skor kualitas. Semakin tinggi skornya, maka akan semakin murah tarif iklan itu. Caranya supaya terkait dengan iklan ialah dengan mencari tahu permintaan orang dan kata kunci apa yang mereka tuliskan di kotak pencarian search engine untuk mendaratkan mereka di sebuah website.


6. Manajemen Proyek Kompeten

Sudah diketahui bahwa jumlah team online marketing sudah naik secara signifikan sejak tahun 2011. Kini kita dapat melihat sebuah team terdiri dari 125 orang untuk setiap akun, bekerja pada kampanye untuk satu platform saja. Hal ini bagus untuk industri pemasaran. Pemasar berpengalaman berkumpul untuk meraih tujuan.


7. Paham Konten Marketing

Dulu pemasaran konten kerap bingung dengan copywriter profesional. Konten marketing sekarang terlibat lebih dari sekedar menulis seperti podcast, video, infokomersial, dan infografis. Disamping itu konten marketing dapat lebih mudah untuk menyebarluaskan konten mereka.


8. Programming

Keahlian programming dasar merupakan hal yang amat penting. Khususnya bagi perusahaan dengan sejumlah bisnis e-commerce dan lokasi fisik. Salah satu contohnya yakni keadaan dimana programmer dibutuhkan ialah secara otomatis memasukkan nama kota terdekat di laman menurut alamat IP dari pengunjung website.

Disamping itu, membangun landing page yang memuat lebih cepat dari biasanya untuk menaikkan tingkat konversi. Landing page memiliki tujuan untuk mengkonversi visitor/pengunjung.


9. Melihat Visi

Apa saja pekerjaan kita, baik bekerja di perusahaan kecil ataupun di platfrom iklan paling besar seperti Bing Ads, kita mesti tetap berusaha menyesuaikan visi kita pada perusahaan yang kita tempati.


10. Menjadi Proaktif

Pemasar online mesti proaktif mencoba taktik iklan, meloncati trend, mengembangkan gagasan-gagasan fresh dan menjelajahi channel penjualan baru. Tidak sedikit platfrom iklan online menaikkan trafik ketika baru mengawali dan tidak lama sesudah perilisan tools baru. Dengan mengikuti perkembangan terbaru, bisnis Anda dapat mengungguli kompetitor dengan memperoleh keuntungan dari konsumen pesaing Anda.

Itulah 10 kemampuan dasar online marketing yang perlu Anda miliki. Apakah Anda telah mempunyai semua keahlian tersebut atau hanya salah satu diantaranya saja? Saatnya sekarang gali kemampuan Anda sehingga bisa memiliki keahlian di dunia online marketing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar