10 Kesalahan Pemasaran yang Harus Diperhatikan dan Dihindari dalam Internet Marketing - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Senin, 26 Juli 2021

10 Kesalahan Pemasaran yang Harus Diperhatikan dan Dihindari dalam Internet Marketing

 

Saat ini fungsi internet sudah berubah secara mencolok dimana tidak cuma sebagai alat pencarian informasi, namun sudah menjadi alat untuk menjalankan aktivitas pemasaran yang kerap disebut internet marketing. Internet marketing terdiri dari kata internet dan networking. Bila diartikan tiap kata, internet ialah inter networking, yakni suatu jaringan di dalam alam maya yang menghubungkan satu dengan lainnya melalui dunia. Sementara itu kata marketing merupakan suatu yang berkaitan dengan pasar seperti kegiatan jual beli. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa internet marketing merupakan sebuah teknik pemasaran yang menggunakan internet sebagai sarana untuk melakukannya.

Dunia internet marketing sebagaimana pengertian tersebut di atas merupakan dunia tanpa adanya tatap muka. Hal itu berarti , target pasar dari bisnis atau usaha kita tidak terbatas cuma  terhadap yang kita telah kenal saja, tetapi pula dapat meluas ke lingkungan yang baru atau malahan kita tidak mengenal sama sekali.

Dalam melakukan internet marketing, ada baiknya Anda pun memerhatikan konten yang akan dipublikasikan. Berbagai konten yang berguna dalam blog bisnis Anda tentunya akan mempunyai pengaruh yang lebih baik ketimbang membuat iklan pada eksternal konten. Dengan trik seperti itu, Anda akan memperoleh manfaat, seperti pertumbuhan jumlah pengunjung atau trafik visitor dan branding.

Kini internet marketing dapat menjadi media yang kuat sekali, namun perlu dilakukan secara benar supaya menjadi efektif. Tidak sedikit para pelaku internet marketing pemula, malahan pemain yang lama, melakukan kesalahan yang sama terus-terusan dalam pemasaran secara online ini. Di bawah ini adalah kesalahan - kesalahan pemasaran yang mesti diperhatikan dan tentunya dihindari:

1.  Bikin pengunjung menunggu. Pada umumnya orang - orang tidak mau menanti berlama-lama lama untuk membuka sebuah situs/website. Bila server yang melayani website Anda lambat atau mempergunakan grafis yang memerlukan waktu 2 menit untuk diunduh, ucapkanlah saja selamat tinggal kepada pengunjung yang akan jadi konsumen/pelanggan potensial.

2.  Kesombongan teknis. Tidak boleh mengira semua orang memiliki program versi paling baru untuk melihat konten website Anda. Seperti tidak semua orang memiliki macromedia flash yang terpasang di komputer ataupun laptop. Miliki selalu HTML biasa dan versi teks untuk bisa menjangkau para visitor/pengunjung.

3.  Tak menjalankan pemasaran offline. Tujuannya adalah untuk menaikkan trafik ke website, tetapi mustahil online selamanya. Untuk sukses dalam internet marketing, Anda pun perlu pemasaran offline.

4.  Tidak meregistrasi website ke search engine (mesin pencari). Ini mencengangkan, banyak orang yang mempergunakan mesin pencari, tetapi tidak pernah meregistrasi/mendaftarkan website mereka sendiri pada website pencari yang sama. Anda mesti mendaftar sendiri dengan cara manual dan pastikanlah telah terdaftar di mesin pencari yang dikehendaki. Untuk memudahkan masalah ini Anda bisa menggunakan jasa SEO.

5.  Tidak mencurahkan lebih banyak waktu. Terlampau banyak bisnis membuat banyak orang membiarkan webiste mereka vakum. Mulai saat ini luangkan lebih banyak waktu buat mengisi website bisnis milik Anda.

6.  Hindari mitra yang buruk. Waspadalah terhadap mitra yang akan bekerja dengan Anda. Sekarang banyak perusahaan yang menyebarluaskan spam dan melanggar segala ketentuan yang  sudah ada. Mulai saat ini cermati terlebih dulu siapakah calon mitra Anda tersebut, dan pastikanlah mereka berbuat sesuai perjanjian. Buatlah perjanjian secara tertulis.

7.  Banyak pertanyaan. Bila Anda mencoba mengundang pelanggan untuk berkunjung dan gabung ke website untuk memperoleh informasi dan membeli produk/jasa, jangan biarkanlah mereka pergi dan menjawab terlampau banyak pertanyaan. Setiap pertanyaan yang diajukan pada konsumen/pelanggan, selain nama dan alamat, akan mendatangkan ‘biaya’ dari consumer atau pelanggan potensial.

 8.  Tidak memakai pemasaran viral.  Mempunyai pelanggan di pasar Anda merupakan biaya yang efisien, menandakan biaya yang Anda keluarkan tersebut bekerja secara baik. Dari cara sederhana seperti membuat t-shirt untuk memasarkan produk/jasa atau aksesoris lainnya yang dapat dikenakan pelanggan. Inilah yang dikatakan memperoleh keuntungan dari marketing/pemasaran viral atau lebih dikenal dengan istilah pemasaran dari mulut ke mulut (word of mouth).

9.  Tidak mengumpulkan alamat email. Anda memerlukan orang sebagai tujuan pasar agar sukses dalam internet marketing. Kumpulkan setiap alamat email pengunjung yang mengunjungi website Anda dan mintalah izin untuk menawarkan produk/layanan Anda. Jangan buang-buang peluang yang ada.

10.  Spamming. Jangan tergiur dengan melakukan spam. Pasarkan produk atau layanan Anda pada mereka yang benar-benar telah memberi izin saja. Bila Anda sangsi, apakah pesan tersebut akan menjadi spam, janganlah kirimkan pesan Anda itu. Malahan satu saja pesan yang dipertanyakan cukup untuk menjadikan Anda ditandai sebagai spammer dan bukan mustahil akan sukar mengirim pesan di masa-masa yang akan datang.

Lakukanlah segala hal menurut aturan. Tak ada hal yang sukar dalam internet marketing. Bacalah dan pelajari 10 kesalahan pemasaran yang harus diperhatikan dan dihindari dalam internet marketing di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar