3 Cara Mengembangkan Website Melalui Search Engine - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Minggu, 25 Juli 2021

3 Cara Mengembangkan Website Melalui Search Engine

 

Teknik SEO amat penting untuk dipelajari bagi Anda yang pemula. Tidak cuma masalah pemakaian keyword (kata kunci) yang dapat memberikan pengaruh pada website Anda, tetapi elemen - elemen berikut juga tidak kalah penting. Teknik SEO ini merupakan dasar yang mesti Anda ketahui supaya mesin pencari lebih gampang membaca atau menemukan website Anda.

Apa saja yang mesti dilakukan pada website milik Anda? Bagaimanakah cara mengembangkan website melalui search engine (mesin pencari)?

1. Title Tag

Elemen title pada laman website Anda mesti dibuat dengan cara akurat, menerangkan maksud dari konten yang ada pada halaman website Anda. Ini amatlah penting untuk pengguna ataupun optimasi search engine. Lantaran title tag merupakan bagian utama dari optimasi search engine, maka hal yang mesti dilakukan berbarengan adalah berlatih membuat title tag untuk membangun SEO lebih baik.


Berikut merupakan saran langkah mengoptimalkan title tag untuk search engine:

Perhatikan Panjang karakter kalimat

Tampilan pada search engine hanya dapat memuat 65-75 karakter dari title tag pada hasil pencarian lalu kalimat terpotong. Ini merupakan batasan yang lazim yang pula ditemui di sosial media. Alhasil membuatnya jadi lebih singkat dan padat merupakan hal yang wajib. Tetapi, bila Anda menargetkan lebih dari satu keyword, sebaiknya dibuat lebih panjang.


Letakkan Keyword Utama di Bagian Depan

Keyword (kata kunci) akan semakin baik jika diletakkan semakin dekat di bagian depan title tag. Teknik SEO ini dapat membantu website Anda memperoleh peringkat dan merangsang pengguna meng-klik website Anda pada hasil penelusuran search engine.


Masukkan Nama Merek

Anda dapat mengakhiri title tag dengan menyematkan nama merek. Teknik SEO ini dapat membantu menaikkan brand awareness tanpa Anda sadari. Disamping itu, ini pun dapat mendorong klik yang lebih banyak lewat orang-orang yang senang dan kenal dengan merek itu.


Perhatikan Kemudahan Dibaca (Readability) dan Pengaruh Emosional

Title tag mesti mudah dibaca dan menerangkan apa yang terdapat dalam konten. Teknik SEO ini membantu mendapatkan perhatian pada halaman hasil pencarian dan menarik lebih banyak visitor / pengunjung ke website Anda.


2. Meta Tags

Pada mulanya, meta tag dimaksudkan sebagai proxy untuk informasi mengenai konten website. Berikut ini beberapa meta tag dasar dan cara penggunaannya.


Meta Robots

Meta robots dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan mesin pencari merayapi (crawl) kegiatan pada tahap setiap halamannya. Ada berbagai cara untuk memakai meta robots guna mengendalikan bagaimana search engine menperlakukan halaman website Anda.

Index/noindex menginformasikan mesin pencari apakah halaman di website mesti dirayapi (crawl) dan menyimpannya pada index mesin pencari untuk pemulihan atau tidak.

Follow/nofollow. Follow menginformasikan kepada mesin pencari bahwa tautan (link) pada halaman website mesti dirayapi (crawl). Bila Anda memilih nofollow, maka mesin pencari akan mengabaikan tautan pada halaman website Anda untuk penemuannya, tujuan ranking maupun kedua-duanya. Semua halaman secara otomatis diasumsikan mempunyai atribut follow. Misalnya <META NAME=”ROBOTS” CONTENT=”NOINDEX, NOFOLLOW”>

Noarchive dipakai untuk membatasi search engine menyimpan salinan halaman website yang di-cache. Mesin secara otomatis akan menjaga salinan dari semua halaman website yang sudah diindeks, bisa diakses oleh pencari lewat tautan cache di dalam sebuah hasil pencarian.

Nosnippet memberitahukan kepada mesin pencari kalau search engine mesti menahan diri untuk menampilkan kotak teks penjelasa di sebelah judul halaman serta URL di dalam hasil pencarian.

Noodp/noydir merupakan tag spesial yang menginformasikan kepada mesin pencari untuk tidak mengambil cuplikan keterangan mengenai sebuah halaman di website dari Yahoo Directory atau DMOZ (Open Directory Project) untuk dimunculkan di dalam hasil penelusuran.


3. Meta Description

Meta Description Tag merupakan keterangan singkat dari konten di halaman website Anda. Mesin pencari tidak menggunakan keyword (kata kunci) atau frasa pada tag untuk menentukan peringkat, tetapi meta description meruapakan sumber penting untuk potongan teks yang diperlihatkan di bawah daftar dalam hasil penelusuran.

Meta Description tag berperan sebagai copy iklan, menyajikan gambaran kepada pembaca terhadap website Anda. Ini merupakan bagian yang penting sekali dari pemasaran suatu pencarian website. Buatlah penjelasan yang mudah dipahami, menarik dan memakai kata kunci sehingga bisa mendorong tingkat klik per tayang yang lebih tinggi pada halaman website Anda.

Meta description dapat sepanjang apa saja, namun mesin pencari umumnya akan memotong kalimatnya lantaran tidak dapat lebih dari 160 karakter. Jadi buatlah secara singkat, padat dan  bermakna.


Meta Tag yang Tidak Terlalu Penting

Meta Keyword: Meta Keyword Tag dapat bernilai sewaktu-waktu tetapi tidak untuk kurun waktu yang lama.

Meta Content-type, Meta Revisit-after, Meta Refresh, dll: Meskipun beberapa tag dapat digunakan untuk optimalisasi search engine, tag-tag tersebut tidak demikian penting pada prosesnya.

Nah, dari Teknik SEO melalui optimalisasi search engine di atas, semoga Anda dapat mengaplikasikannya pada website atau blog yang sekarang tengah Anda optimalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar