5 Rahasia Digital Marketing yang Harus Diperhatikan Untuk Pebisnis Online - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 23 Juli 2021

5 Rahasia Digital Marketing yang Harus Diperhatikan Untuk Pebisnis Online


 Eksistensi dan pertumbuhan bisnis startup tak dapat dipisahkan dengan pemasaran digital yang lebih dikenal dengan sebutan digital marketing. Marketing pada mulanya sudah banyak dikenal secara tradisional. Pemasaran secara tradisional diduga telah kurang relevan karena dianggap tidak lagi efesien dan efektif  untuk bisa melebarkan bisnis. Maka semua hal yang terkait dengan pemasaran yang dahulu dijalankan dengan cara tradisional kini perlu dirubah dalam wujud digital marketing. 

Digital marketing adalah seluruh kegiatan promosi dan pemasaran yang dijalankan dengan memanfaatkan media digital seperti internet dalam bentuk tulisan, video, foto, dan lainnya, untuk bisa menjangkau konsumen dengan cepat dan tepat. Dalam pelaksanaannya, digital marketing pun tentunya mempunyai berbagai keunggulan dan kekurangan. 

Pebisnis online akan memerlukan sekali strategi digital marketing untuk memperlihatkan keberadaannya sebagai usaha yang  berkembang. Tetapi, sedikit yang mengetahui hal-hal apa saja yang mesti diperhatikan oleh para pebisnis online dalam memakai digital marketing sebagai media promosi mereka. Berikut adalah beberapa rahasia digital marketing yang harus diperhatikeun untuk pebisnis online. 


1. Media sosial sebagai brand awareness

Pemakaian media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Linkedln telah tidak asing lagi dalam digital marketing. Disamping sebagai suatu wadah promosi, manfaat media sosial untuk bisnis Anda ialah sebagai kesadaran merek (brand awareness). 

Pengguna media sosial yang tidak sedikit dan terus bertambah ini tentu menjadi lahan empuk, khususnya untuk pebisnis online untuk menjalankan strategi pemasaran secara terarah. Dalam pelaksanaannya, media sosial tidak hanya dipergunakan untuk iklan tetapi juga supaya bisa berhubungan langsung dengan konsumen/pengguna sehingga konsumen tidak cuma mengenal brand Anda secara baik, tetapi juga bisa menunjang menambah rasa percaya konsumen terhadap brand Anda.


2. Lebih Inovatif dan Unik

Inovasi merupakan sebuah keharusan dalam dunia digital marketing. Inovasi yang dilakukan tidak hanya inovasi yang lebih baik lantaran setiap pebisnis tentu akan melakukan sesuatu yang lebih baik. Tetapi yang paling penting ialah menjadi lebih unik yang membuat bisnis Anda mempunyai ciri khas sehingga akan jadi pembeda dengan kompetitor yang lain dan diharapkan bisa menunjang bisnis Anda lebih dikenal orang.


3. Konten yang Kreatif & Edukatif

Konten adalah hal vital dalam digital marketing yang menjadi corong dalam menjalankan promosi dan iklan. Perencanaan pembuatan konten merupakan salah satu fungsi yang butuh diperhatikan dalam taktik marketing. Konten yang baik akan dapat menarik konsumen potensial guna membeli produk/jasa yang Anda tawarkan sehingga bisa menaikan omzet penjualan usaha Anda. 

Konten yang kreatif tidak hanya fokus pada promosi, tetapi pula untuk memberikan edukasi terhadap pelanggan. Konten yang kreatif dan mengedukasi tentunya akan banyak dicari oleh pelanggan/konsumen karena dengan konten kreatif tersebut konsumen tidak cuma menjadi target promosi dari perusahaan namun juga sanggup mendidik sehingga bisa membantu menyelesaikan persoalan yang diemui konsumen. Konten bisa berbentuk tulisan,  foto, video, dan info grafis.


4. SEO (Search Engine Optimization) 

Gunakan Search Engine Optimization (SEO) untuk membuat website Anda ada di peringkat teratas saat calon pelanggan mencari mengenai bisnis Anda. SEO sangat dibutuhkan untuk membantu menaikkan trafik kunjungan ke website Anda. Dengan begitu pemakaian SEO ada hubungannya dengan konten yang ada di dalam website Anda. Semakin Anda sering mempublikasikan konten-konten kreatif yang Anda bikin dan mempergunakan SEO untuk menaikkan trafik-nya, maka akan banyak juga pengunjung atau visitor ke website Anda. 


5. Influencer Marketing Campaign

Influencer marketing secara simpel dapat diartikan sebagai suatu cara beriklan dan berpromosi yang dikerjakan oleh orang-orang yang mempunyai pengaruh dan mempunyai banyak pengikut/follower di internet. Cara ini dijalankan sebagai salah satu bentuk dari word of mouth dalam strategi marketing. 

Influencer marketing sebetulnya sudah tidak asing lagi dalam bidang pemasaran. Akan tetapi, pemakaian media sosial yang terus-menerus naik akhir-akhir ini dan pembuatan konten yang baik dan dapat diakses secara langsung oleh tujuan pasar membuat influencer marketing saat ini  banyak dimanfaatkan sebagai salah satu sarana dalam pemasaran digital. 

Artis, profesional, YouTuber atau selebgram yang umumnya menjadi ikon influencer marketing ini bisa mendidik dan mempromosikan produk/jasa bisnis Anda dengan menyajikan kesan yang bagus dan positif terhadap para follower-nya. Kekuatan dari mulut ke mulut inilah yang jadi kunci persuasi bila dilakukan secara benar. 

Untuk Anda yang akan atau sedang merintis bisnis online, memakai influencer marketing menjadi salah satu cara mengembangkan usaha Anda barangkali dapat dipertimbangkan. Asalkan mesti memerhatikan hal-hal seperti memilih influencer yang cocok dengan produk/jasa yang  Anda jual, memilih influencer yang paling dipercaya dan mempunyai follower banyak supaya cakupannya lebih luas dan mempunyai backlink berkualitas yang akan menunjang memulihkan performa SEO Anda.

Itulah 5 rahasia digital marketing yang harus diperhatikan untuk pebisnis online, semoga ada manfaat bagi Anda sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar