6 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Melalui Instagram - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Senin, 26 Juli 2021

6 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal Melalui Instagram


 Instagram adalah sosial media yang termasuk efektif untuk mendirikan sebuah brand/merek baru. Terlebih untuk Anda yang nyatanya mempunyai produk lokal yang akan dikenalkan ke pasar yang lebih luas. Mengembangkan bisnis lokal lewat Instagram adalah sebuah langkah permulaan yang mesti Anda lakukan. Kesederhanaan dalam mengakses dan adanya fitur yang gampang untuk dioptimalkan menjadikan Anda akan cepat mendapatkan awareness dari khalayak Anda. Tentu saja akan menargetkan pasar potensial yang akan disasar.

Barangkali Anda akan heran kenapa mesti menggunakan instagram dalam menjajakan produk Anda. Hal ini dipilih lantaran mengikuti tren sosial media yang kebanyakan penggunanya ialah kaum milenial. Dalam kehidupan setiap hari kaum milenial menggunakan setengah harinya dengan teknologi ponsel untuk mengakses Instagram. Rasa penasaran yang besar menjadikan kaum milenial ini memakai smartphone untuk memenuhi rasa penasaran mereka. Serta menghendaki segala halnya jadi serba cepat dan mudah sehingga dengan kemajuan teknologi ini sanggup menjawab semua aspek kebutuhan para milenial. Hal ini merupakan segi positif Anda dalam mengembangkan produk lokal lewat Instagram. Bagaimana cara mengembangkan bisnis lokal melalui Instagram? Apa saja hal yang perlu diperhatikan?

Beberapa hal berikut perlu Anda perhatikan bila ingin mengembangkan bisnis lokal lewat Instagram.

1. Tampilkan Informasi Lengkap Di Bio
Perlu bagi pebisnis untuk mencantumkan informasi pokok di Bio Instagram. Dengan menyajikan informasi seperti deskripsi brand/merek, kontak, alamat, sampai media promosi dan hal relevan lainnya akan menjadikan khalayak Anda mempercayai pada apa yang Anda pasarkan. Lantaran kecenderungan produk lokal yang Anda pasarkan mesti mempunyai karakteristik dan menjadi sesuatu yang mencirikan daerah Anda. Dengan menyertakan informasi komplit pada bio, maka  hal ini berfungsi sebagai informasi tujuan untuk calon konsumen/pembeli. Kenapa begitu? Lantaran informasi pada bio memperlihatkan identitas brand/merek dan selaku tujuan call to action pada brand/merek yang dipasarkan.

2. Gunakan Beragam Gambar Lokal
Alangkah baiknya Anda menampilkan gambar/foto tempat-tempat terkenal di daerah atau kota Anda untuk mengembangkan bisnis lokal via Instagram. Hal itu bermanfaat sebagai penguat dan orisinalitas produk lokal yang Anda jual. Anda pun perlu menghidupkan Geo Tagging untuk tiap-tiap tempat yang diposting. Anda dapat menyertakan lokasi atau tempat tempat ikonik di kota Anda dan mengkombinasikannya dengan produk Anda. Hal ini akan meningkatkan citra keaslian pada produk yang akan Anda tawarkan.

3. Hashtag Lokal
Anda butuh membuat hastag hashtag yang unik yang menggambarkan produk lokal Anda. Anda pun perlu memasangkan hashtag yang Anda buat dengan hashtag yang telah ada dan mempunyai banyak tagging yang populer di kota Anda. Pemakaian hashtag ini akan membantu calon konsumen atau pembeli dalam menemukan brand Anda lewat beberapa hal yang terkait dengan brand/merek yang Anda pasarkan.

4. Follow Artis Lokal
Tidak cuma lokasi atau tempat tempat terkenal yang di-tag di posting Instagram, Anda pun perlu mem-follow sosok sosok yang memiliki pengaruh di daerah atau kota Anda. Di sana Anda akan bisa melihat beberapa potensi pasar dan komunitas komunitas yang akan Anda tuju dan membuatnya jadi target potensial untuk bisnis Anda. Janganlah ragu-ragu pula untuk mengajak berkolaborasi dengan artis-artis lokal dan menjadikannya sebagai brand ambassador dari produk lokal Anda tersebut.

5. Aktif Bermedia Sosial
Amat wajib bagi Anda untuk memberikan dukungan pada bisnis lokal lain yang ada di kota Anda. Caranya mudah sekali, Anda cuma perlu memberikan like dan komentar positif mengenai produk lokal mereka. Dengan cara ini Anda pun tergolong menjalankan soft selling dimana akan menggiring mereka untuk melihat profil Instagram Anda dan menjalankan hal yang sama hingga menjalankan pembelian pada produk lokal Anda. Dengan aktif bermedia sosial dan menghargai bisnis satu sama lainnya pula dapat menambah relasi Anda pada bisnis lainnya yang ada di kota Anda.

6. Mendidik Audiens/Khalayak
Selain memberikan penawaran mengenai bisnis lokal yang tengah Anda bangun sebaiknya Anda pun menyuguhkan informasi yang bersifat mendidik pada khalayak Anda. Dan tentunya informasi Anda pun ada hubungannya dengan ragam budaya lokal yang berada di kota atau daerah Anda. Hal ini akan memberikan citra positif pada produk lokal Anda karena Anda pun mempunyai nilai positif yang akan terangkat lewat bisnis yang tengah Anda kembangkan.  Implementasi yang amat sederhana yang bisa Anda terapkan di sela-sela kesibukan Anda mendirikan sebuah bisnis. Jangan khawatir untuk terus menjalankan berbagai penetrasi yang berkaitan di setiap era. Rahasianya ialah bagaimana produk lokal Anda tetap dapat dirasakan oleh setiap generasi dan lapisan masyarakat.

Demikianlah 6 tips yang bisa Anda aplikasikan dalam mengembangkan bisnis lokal Anda lewat Instagram. Panduan ini bisa Anda aplikasikan ke dalam bisnis  yang tengah Anda kembangkan. Melalui cara pendekatan pada calon pembeli dengan beberapa hal yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar