6 Strategi Internet Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Senin, 26 Juli 2021

6 Strategi Internet Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

 

Anda pasti sudah amat mengerti betapa digital marketing semakin hari semakin tidak boleh diabaikan bagi perkembangan bisnis. Tanpa mengerti teknik marketing online yang tepat buat bisnis, peluang keberhasilan Anda kian kecil. Bagaimana strategi internet marketing terbaik untuk bisnis kita?

Tak cukup hanya di dunia nyata saja, saat ini bisnis atau usaha rasanya belumlah sempurna jika belum ikut dibangun di alam maya. Bagaimana lagi? Perkembangan teknologi informasi tak dapat menutup mata kita untuk tak melirik kesempatan yang ada. Ya, barangkali Anda tergolong salah satu diantaranya yang memiliki pikiran demikian.

Bisnis tak akan pernah jauh-jauh dari branding dan pemasaran. Guna memanfaatkan peluang emas karena adanya perkembangan teknologi informasi, bentuk digital marketing berbasis internet apa saja yang layak dicoba untuk memaksimalkan branding sehingga dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas lagi?    
          
Apabila Anda sedang mencari strategi internet marketing terbaik untuk bisnis, maka kali ini Anda beruntung. Berikut akan diulas beberapa strategi pemasaran online yang akan mengundang pengunjung ke situs Anda dan memungkinkan bisnis Anda menjalin hubungan dengan pelanggan atau konsumen.


1. Desain Website yang Tepat

Tidak banyak orang yang mengira kalau desain website/situs merupakan bagian penting dari taktik pemasaran. Kenyataannya, tampilan website yang baik berpengaruh sekali pada durasi kunjungan dan intensitas perhatian pengunjung terhadap konten Anda.

Website merupakan inti dari segala usaha digital marketing bisnis Anda. Maka, bila website tidak tampil rapi, sedap dipandang, dan enak dibaca, bersiaplah ditinggalkan konsumen potensial seberapapun gencarnya kampanye marketing yang Anda lakukan. Untuk itu buatlah website dengan desain yang kekinian, menarik minat pengunjung dan nyaman diakses lewat ponsel (mobile friendly).


2. Mengoptimalkan Pemasaran Melalui Search Engine

Pemasaran melalui mesin pencari (SEM/Search Engine Marketing) merupakan pemanfaatan algoritma pencarian Google dan Bing sebagai jalur utama marketingnya. Dengan ada di hasil pencarian, maka website Anda akan terlihat di depan mata para pengguna potensial yang sengaja mengetikkan keyword (kata kunci) saat melakukan pencarian di mesin pencari.

Website dan brand Anda akan muncul di laman hasil pencarian dengan 2 cara, yakni membayar Google Adwords/Microsoft Bing Ads sebagai iklan atau mem-publish konten berkualitas tinggi guna mendapatkan ranking tinggi pada hasil pencarian.


3. Terbitkan Artikel di Website Lain

Posting atau publish artikel/tulisan di website lain yang disebut juga dengan guest posting mempunya 3 keuntungan, yakni website Anda memperoleh backlink yang sah menurut peraturan Google, nama Anda dikenal sebagai ahli di bidangnya, dan Anda bisa mendapatkan bayaran atas tulisan tersebut. Pilihlah website yang mempublish tulisan Anda tersbut benar-benar mempunyai otoritas tinggi.

Otoritas website dipengaruhi oleh kualitas konten, brand, jumlah pengunjung, dan viralitas di media sosial. Secara prioritas, otoritas sebuah website sangat ditentukan oleh kualitas konten yang ada di dalam website tersebut, kemudian oleh aspek brand/merk bisnis atau instansi/institusi.


4. Rutin Publish/Posting Konten di Blog

Blog sanggup menjadi ruang yang fleksibel bagi bisnis Anda untuk mempublikasikan panduan atau tips sesuai bidang dan menyebarluaskan informasi penting yang ada hubungannya dengan terkait bisnis Anda. 


5. Hidupkan Brand/Merk Melalui Media Sosial

Gunakanlah Twitter sebagai media untuk menyebarluaskan informasi singkat mengenai produk, layanan/jasa, atau konten baru. Manfaatkanlah Facebook untuk branding dan merangsang keterlibatan konsumen/pelanggan atau mitra bisnis. 

Selain itu bagikan konten yang mendorong identifikasi pribadi dan merangsang komunikasi. Penuhi juga linimasa Instagram Anda dengan foto-foto atau video yang orisinil, tidak klise dan jangan asal copas. Publish juga profil perusahaan, daftar produk, jam layanan, dan informasi penting lainnya di Google Bisnisku supaya muncul pada hasil pencarian lokal di Google Map.

Fungsikanlah LinkedIn sebagai pembentuk kepercayaan publik terhadap brand bisnis Anda, namun hindari jualan produk di sini. Lebih baik posting artikel berupa tips atau panduan, pengalaman atau hasil riset, yang memperlihatkan kredibilitas bisnis dan keahlian Anda. 


6. Buat Kampanye Audio Visual

Umumnya orang, khususnya orang Indonesia, lebih menyenangi konten berbentuk audio visual ketimbang teks. Bukannya malas untuk membaca, hanya terlampau sibuk melihat-lihat foto dan menonton video sehingga wajib bagi Anda untuk menjalankan taktik internet marketing melalui kampanye multimedia seperti unggah konten audio di Soundcloud, promosi di YouTube, publish info grafis di sosmed Pinterest dan kampanye foto atau image gif di Instagram.

Demikianlah 6 strategi internet marketing terbaik untuk bisnis. Kesemuanya bisa Anda coba untuk menaikkan pemasaran Anda dalam menaikkan omset penjualan Anda. Tetapi, Anda penting mengetahui SEM dan SEO bisa lebih diprioritaskan dalam mencobanya lantaran calon pelanggan atau konsumen akan lebih percaya bila nama website produk Anda berada di posisi pertama.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar