Ini Dia 8 Strategi Media Sosial Marketing Bagi Bisnis Berskala Kecil - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Rabu, 21 Juli 2021

Ini Dia 8 Strategi Media Sosial Marketing Bagi Bisnis Berskala Kecil

 

Media sosial telah menjadi sarana pemasaran yang banyak digunakan sekarang ini. Apalagi di zaman digital ini banyak sekali orang yang berkompetisi untuk membangun bisnis online. Sehingga pengetahuan media media sosial marketing ini menjadi amat penting untuk dimiliki oleh setiap orang, khususnya mereka yang  melakukan bisnis online.

Tidak sedikit strategi yang dapat dikerjakan untuk menjalankan pemasaran di media sosial. Baik untuk bisnis dalam skala kecil maupun bisnis skala besar. Untuk bisnis dalam skala besar, umumnya mereka telah mempunyai konsumen tetap dari tiap-tiap produknya. Tetapi untuk bisnis berskala kecil, umumnya mereka masih membutuhkan banyak upaya untuk memperoleh banyak konsumen/pelanggan.

Maka dari itu, mereka perlu sekali memahami strategi media sosial marketing untuk bisnis skala kecil agar mereka dapat menarik banyak konsumen lewat media sosial. Bagi bisnis berskala kecil yang masih ada dalam taraf perkembangan, memakai media sosial dalam pemasaran bisnis dapat memberikan banyak keuntungan dan manfaat. Berikut adalah strategi media sosial marketing untuk bisnis berskala kecil.


Membangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan untuk sebuah bisnis di media sosial tidak sesulit yang dibayangkan. Anda tidak mesti mempunyai banyak follower atau pengikut, tetapi hanya butuh menghubungkan bisnis Anda dengan orang-orang yang tepat.

Anda dapat memulai proses ini dengan membentuk brand awareness yakni dengan menciptakan visibilitas online yang menjadi representasi dari bisnis Anda. Anda mesti merancang tampilan website, blog, dan media sosial menurut jenis bisnis Anda atau meminta bantuan pada desainer profesional untuk merancang website dan blog Anda supaya lebih menarik.


Menarik Pelanggan Potensial

Facebook dan Instagram dapat digunakan untuk menarik calon pelanggan baru. Sebelum melakukannya Anda harus memastikan pengaturan seo tagging pada halaman Facebook secara benar. Selanjutnya Anda dapat mengajak teman-teman Facebook Anda untuk jadi konsumen potensial bisanis Anda.


Membangun Relasi di Media Sosial

Hubungan adalah hal paling penting dari media sosial. Mempunyai hubungan yang baik akan mempermudah langkah Anda untuk memasarkan produk. Sehingga Anda pun mesti dapat menggunakan media sosial yang dimiliki untuk mulai membuat jaringan dengan berbagai pihak yang berpotensi menjadi pelanggan/konsumen Anda.


Membagi Konten yang Diakurasikan

Media sosial adalah salah satu media dimana akurasi suatu konten mempunyai nilai yang amat penting sehingga Anda mesti dapat menjaga konten supaya terus berkembang dan tetap relevan. Anda mesti dapat memilih konten yang bermanfaat dan berkualitas.


Membuat Konten yang Valuable

Strategi media sosial marketing disebut efektif bila dapat menyetarakan antara konten yang diakurasi ataupun konten yang diciptakan sendiri. Membuat konten sendiri tentunya membutuhkan usaha yang ekstra, namun bila hal itu dapat dilakukan secara baik, maka akan bisa menaikkan traffic pada website Anda. Website akan didatangi lebih banyak pembaca sehingga dapat memperoleh ulasan/testimoni yang lebih baik.

Anda mesti dapat memastikan kalau tiap-tiap bagian konten yang Anda buat sudah mempunyai pesan yang bernilai untuk pembaca sehingga mereka akan kembali untuk berkunjung ke website Anda. Ciri konten yang valuable yaitu dapat menjawab pertanyaan para pembacanya, dapat menyelesaikan masalah dan memberikan manfaat bagi yang membacanya.

Dengan memposting konten yang berharga Anda dapat memperoleh beragam manfaat seperti reputasi bisnis kian baik, peringkat SEO makin tinggi, para influencer akan merujuk konten bisnis Anda dan membuka kesempatan bagi bisnis Anda untuk dapat diliput oleh media.


Menggunakan Gambar yang Baik dan Menarik

Pemanfaatan gambar yang menarik akan bisa menarik perhatian konsumen/pelanggan secara cepat. Gambar dapat Anda gunakan saat membuat deskripsi bisnis dan siapa pun orang yang terdapat di belakangnya. Kecuali itu, Anda pun bisa menggunakannya untuk mendidik pelanggan serta membuat informasi jadi gampang dicerna oleh pelanggan.


Ikut Serta dalam Kelompok/Komunitas Online

Dalam komunitas ini Anda dapat berdiskusi dengan pelaku bisnis lainnya mengenai bisnis yang tengah Anda jalani. Di sini Anda pun bisa bertanya tentang jalan keluar dari berbagai masalah bisnis yang tengah Anda alami. Disamping itu, Anda pun dapat membagikan pengetahuan bisnis yang Anda miliki kepada anggota komunitas yang lainnya.


Batasi Platform Media Sosial Milik Anda

Banyaknya platform media sosial yang ada akan menjadikan Anda sulit untuk menciptakan eksistensi yang kuat pada setiap platform. Memakai banyak sosial media tanpa disertai fokus yang jelas juga akan amat membuang waktu lantaran tidak akan memberikan hasil apa-apa.

Tak ada gunanya, bila Anda menggunakan banyak waktu dan sumber daya cuma untuk bertanam modal ke dalam suatu platform yang cuma sedikit pemakainya. Anda dapat mengoptimalkan usaha pada platform dimana Anda mengetahui kalau pelanggan Anda banyak yang turut aktif di dalamnya.

Demikianlah 8 strategi media sosial marketing yang dapat Anda lakukan bagi bisnis Anda. Semoga berguna dan berhasil!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar