Ini Dia Macam Ragam Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Anda - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 23 Juli 2021

Ini Dia Macam Ragam Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Anda

 

Digital marketing atau dikenal juga dengan pemasaran secara digital dapat diartikan sebagai seluruh usaha pemasaran mempergunakan internet atau perangkat elektronik dengan berbagai trik marketing dan media digital dimana kita bisa berkomunikasi dengan calon konsumen yang menggunakan banyak waktu dengan online.

Ada berbagai macam akses untuk kaum calon konsumen supaya bisa melihat penawaran Anda, seperti media sosial (Line, Whatsapp, Instagram, dll), website, dan blog. Dari berbagai akses itulah mereka akan menjalin komunikasi terhadap Anda.

Di ranah digital marketing Anda dapat membuat supaya calon pelanggan tertarik pada tawaran Anda. Anda dapat membuat brosur online, email marketing, iklan, dll. Berikut beberapa strategi digital marketing dan sarana yang terlibat dalam setiap pemasaran.


Search Engine Optimization (SEO)

Ini merupakan teknik mengoptimalkan website Anda agar mendapatkan posisi lebih tinggi pada halaman hasil pencarian mesin pencari sehingga menaikkan jumlah traffic organik yang didapat website Anda. Media yang berguna pada sisi SEO yakni infografis, blog dan website/situs.


Konten Marketing

Istilah ini merujuk pada pembuatan dan promosi konten yang bertujuan untuk mendapatkan pelanggan, prospek, perkembangan traffic dan brand awareness. Media yang bisa dipergunakan untuk strategi konten pemasaran diantaranya brosur online, ifografis, ebook dan artikel serta postingan blog.  


Sosial Media Marketing

Dalam pelaksanaannya sosial media marketing ialah memperkenalkan merk dan konten Anda di berbagai sosial media untuk menambah brand awareness, mengelola traffic, dan menciptakan prospek bagi bisnis Anda. Media yang bisa digunakan dalam pemasaran digital ini antara lain Pinterest, Snapchat, Instagram, LinkedIn, Twitter dan Facebook.    


Pay-Per-Klik (PPC)

PPC merupakan trik untuk mengarahkan traffic ke website Anda dengan membayar sejumlah uang untuk setiap klik valid yang dilakukan visitor atau pengunjung website. PPC yang biasa dipergunakan oleh kebanyakan pemilik website ialah Google AdWords yang memungkinkan Anda mendapatkan slot paling atas pada saat pencarian di mesin pencarian Google dengan harga setiap klik. Media yang lainnya yang dapat digunakan untuk melakukan program PPC diantaranya adalah Pesan Sponsor LinkedIn, Tweet promosi Twitter, dan Facebook Ads.


Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah suatu jenis iklan di mana Anda bisa mengenalkan penawaran atau layanan orang lain di website Anda. Ada beberapa macam aplikasi affiliate marketing antara lain upload link affiliate dan hosting video ads bersama YouTube.       


Native Ads

Native Ads ini mengarah pada iklan utama berisi konten yang biasanya ditampilkan pada platform media dengan konten tanpa berbayar lainnya. 


Otomatisasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran ini mengarah pada aplikasi atau perangkat lunak (software) yang berguna untuk mengotomatisasi sebagian besar operasi pemasaran dasar bisnis Anda. Tidak sedikit bagian pemasaran bisa mengotomatiskan berbagai tugas berulang yang semestinya dilakukan dengan cara manual, misalnya laporan campaign, memimpin alur kerja, meng-update daftar kontak, susunan postingan di sosial media, dll.


Email Marketing

Perusahaan-perusahaan memanfaatkan email marketing sebagai media perantara untuk melakukan komunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan. Email kerap dipergunakan untuk mengenalkan sebuah acara, potongan harga dan konten serta mengarahkan calon pelanggan untuk berkunjung ke website Anda.

Pemasaran digital yang mempunyai jenis beraneka ragam adalah sebuah pilihan yang mempermudah para pebisnis untuk memilih cara yang tepat untuk mengenalkan bisnis mereka. Digital marketing sebenarnya relatif dinamis, besar, dan kompleks. Dengan ramainya pemakaian media sosial dan kemajuan teknologi di dunia digital, trik pemasaran digital juga ikut mengalami perubahan.

Perlu untuk diperhatikan kalau di ranah digital amatlah luas, jadi untuk memperoleh banyak pelanggan, Anda mesti memulai dengan ragam ide pada konten marketingnya. Pastikan konten marketing berlangsung dengan lancar dengan memerhatikan pula pesaing Anda. Ide apa sajakah yang ditampilkan pada konten-konten mereka. Ingatlah untuk tepat menjalin hubungan atau komunikasi dengan calon pelanggan Anda lewat sosial media marketing lantaran keduanya masih saling terkait. Bisa dipastikan Anda akan sukses membuat usaha yang optimal dengan digital marketing.

Kesimpulannya, digital marketing adalah suatu aktivitas marketing/pemasaran atau promosi suatu merek/brand atau produk yang memanfaatkan internet atau media digital sebagai sarananya. Digital marketing memiliki tujuan untuk menarik calon konsumen atau konsumen dengan cepat. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, saat ini penggunaan teknologi dan internet sangatlah luas di masyarakat sehingga tidak mengherankan jika aktivitas pemasaran dengan cara digital menjadi pilihan utama bagi perusahaan-perusahaan. Akhirnya perusahaan - perusahaan tersebut saling bersaing membuat konten yang menarik guna ditampilkan dalam setiap pemasarannya di jagat maya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar