Kuasai Fitur Ads di Flatfprm Digital Ini Agar Penjualan Stabil Bahkan Meningkat - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Kamis, 22 Juli 2021

Kuasai Fitur Ads di Flatfprm Digital Ini Agar Penjualan Stabil Bahkan Meningkat


Kemajuan media sosial ikut serta mendorong kegiatan bisnis online. Pebisnis online terus berupaya menggunakan beragam fitur yang terdapat di media sosial untuk meraih target pasar yang lebih luas. Pebisnis online menyadari kalau orang-orang lebih banyak melakukan aktivitas mereka di jagat internet. Menilik keadaan masyarakat itu, tentu saja para pebisnis online mesti lebih gampang dan cepat beradaptasi serta mengerti apa saja kemudahan yang diberikan media sosial yang bisa bermanfaat sebagai sarana promosi bisnis online mereka.

Dalam mencermati kesempatan itu, ada tiga platform digital ampuh yang seringkali digunakan sebagai media pemasaran bisnis online. Ketiga platform itu yakni Instagram, Facebook, dan Google. Mayoritas dari para pebisnis online tentunya telah banyak yang mencoba memaksimalkan pemasaran produk atau brand mereka lewat platform itu.

Walau demikian, Anda perlu tahu kalau ada fitur penting yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda di dalam platform itu. Fitur itu pastinya amat bisa mengoptimalkan pemasaran bisnis dengan efisien dan efektif.

Ads bisa dimaknai sebagai sebuah iklan. Ketiga-tiganya, mempunyai istilah yang kerap kita dengar dengan sebutan Instagram Ads, Facebook Ads, dan Google Ads. Dengan pengguna aktif puluhan juta lebih, maka tidak usah disangsikan pemanfaatan Ads secara efektif bisa meraih pengguna itu.

Berikut uraian singkat mengenai Instagram Ads, Facebook Ads, dan Google Ads sebagai media promosi sebuah produk atau brand.

Instagram Ads

Instagtam adalah platform sosial media paling terkenal sekarang. Menjalankan iklan lewat Instagram merupakan taktik yang bisa Anda gunakan untuk bisa meraih konsumen muda, terutama kaum milenial. Iklan instagram akan nampak laksana sebuah postingan dengan kata sponsored pada bagian bawah konten produk yang mengandung iklan atau iklan akan terlihat melalui IG stories di bagian atas dan di bagian pencarian.

Saat ini Instagram dan Facebook telah ada dalam sebuah payung bisnis. Alhasil bila Anda mengaktivasi Instagram Ads, iklan yang terlihat akan terkait dengan Facebook Ads.

Untuk dapat memanfaatkan layanan Instagram Ads Anda pastinya memerlukan akun Fanpage yang terkait dengan Instagram Anda. Ada 5 cara yang bisa dilakukan untuk mulai beriklan di Instagram yakni lewat aplikasi Instagram itu sendiri, Instagram Partner, Facebook Marketing API, dan Facebook Ads Manager.

Untuk masalah biaya iklan, untuk permulaan Anda dapat memulainya dengan biaya paling minimal Rp.15.000 atau lebih menurut anggaran dan target pasar Anda. Anda bisa memakai kartu kredit dan debit sebagai metode untuk pembayarannya.

Facebook Ads

Facebook Ads merupakan fitur untuk meng-iklankan fanspage bisnis Anda yang terdapat di Facebook. Fanpage adalah alat yang bisa diiklankan lewat Facebook Ads. Fanpage dirancang sebagai layanan untuk individu, komunitas maupun bisnis. Anda bisa menyusun perencanaan iklan pada Facebook Ads. Fokus pasar dilakukan dengan menargetkan iklan secara rinci menurut jenis kelamin, umur, wilayah negara, status, dll.

Untuk memakai layanan ini pastinya Anda mesti mempunyai akun Facebook terlebih dahulu. Anda akan menjadi admin Fanpage guna memantau Ads yang sudah dibuat. Kemudian, Anda akan memilih kategori iklan yang akan digunakan. Di Facebook Ads ada 3 objek iklan yang bisa dipilih, yakni awareness, consideration, dan conversion. Sementara itu untuk biaya berdasarkan dari objek iklan yang dipilih. Biasanya ada 2 model yang dipakai yaitu CPC (Cost Per Click) atau biaya per klik sekitar Rp650 dan cost per mile atau biaya per jangkauan kira-kira Rp1000. Untuk metode pembayarannya, Anda bisa memakai kartu kredit/debit.

 Google Ads

Sudahkah Anda mendengar nama Google Ads atau Google Adwords? Untuk yang merasa bingung, kedua-duanya adalah sama. Google Ads merupakan platform yang disediakan Google untuk mempromosikan atau meng-iklankan suatu bisnis. Pebisnis online umumnya memanfaatkan landing page atau website untuk diperkenalkan kepada publik atau masyarakat.

Google Ads memungkinkan Anda membuat iklan yang akan nampak pada halaman dari hasil penelusuran Google dan jaringan website atau blog yang terkait. Disamping itu, Anda bisa menetapkan iklan menurut tempat, waktu, topik/tema dan kata kunci (keyword). Biasanya saat memakai Google Ads, iklan yang Anda pasang berkesempatan ada di hasil pencarian utama oleh pemakai internet.

Untuk memanfaatkan layanan Google Ads ini Anda mesti masuk layanan Google Adwords dengan memakai akun Gmail Anda. Langkah berikutnya, menyediakan biaya iklan berdasarkan anggaran dan target promosi Anda. Biaya iklan di Google Ads tediri dari beberapa kategori yaitu biaya per konversi (pay per conversion), biaya per klik (pay per click), dan biaya per seribu impresi (pay per thousand impression). Boleh saja Anda memulai pemakaian Google Ads ini dengan minimal anggaran Rp50.000 agar ke depannya promosi bisnis Anda lebih optimal. Sementara itu untuk melakukan pembayaran Google Ads Anda cuma dapat memakai kartu kredit sebagai metode pembayaran iklan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar