Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Online - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Rabu, 21 Juli 2021

Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Online

 

Modernisasi betul-betul sudah mengubah keseharian masyarakat kita. Bila sebelumnya penyebaran informasi cuma dilakukan lewat media cetak dan elektronik, sekarang informasi dengan cepat bisa tersiar secara baik lewat media internet, terutama lewat jejaring sosial. Malah, lewat media sosial sudah membangun ruang publik di mana masyarakat leluasa mengekspresikan pendapat maupun kegiatannya.

Indonesia merupakan negara terbesar kedua sesudah Amerika Serikat selaku pengguna Facebook terbanyak. Hal ini tentunya jadi kesempatan untuk mereka yang ingin memperoleh peluang untuk menjalankan usaha atau bisnis online. Media sosial dinilai sebagai sarana jitu untuk melakukan pemasaran produk ataupun jasa dengan cara online.

Akan tetapi, media sosial tidak hanya tertuju pada Facebook saja. Namun juga ada Pinterest, Linkedln, blog, forum, Twitter, dan lain-lain. Lantas, bagaimanakah cara Anda untuk memilih media sosial sebagai strategi pemasaran bisnis Anda?

Media sosial penting sekali untuk kelangsungan bisnis online Anda. Media sosial adalah platform sempurna yang memungkinkan Anda untuk melakukan interaksi secara langsung dengan pelanggan Anda dan pelanggan potensial lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menaikkan penjualan produk Anda.

Tetapi, bila Anda memakai media sosial untuk menunjang strategi marketing atau pemasaran, maka Anda perlu waspada. Maka dari itu, hal-hal berikut mesti Anda perhatikan terlebih dahulu:

  • Menjawab seluruh pertanyaan dari semua calon pelanggan/konsumen potensial.
  • Mintalah maaf bila ada pelanggan/konsumen yang mengalami masalah di website Anda.
  • Bila ada pelanggan atau calon pelanggan mengeluh, maka janganlah ragu-ragu untuk meminta maaf. Selesaikan masalah dan peroleh kembali kepercayaan pelanggan.
  • Tidak boleh mengabaikan hal-hal tersebut di atas. Bila satu kali saja Anda melupakan dan tidak merespon calon pelanggan di media sosial, maka hal itu akan menjadi kesan yang jelek untuk bisnis online Anda.


Manfaat Media Sosial Sebagai Penunjang Bisnis Online Anda

Dengan memakai media sosial sebagai taktik marketing, tidak sedikit manfaat yang akan Anda peroleh. Berikut ini manfaat media sosial untuk bisnis online Anda.


Memperluas Jaringan Pelanggan

Dengan memakai media sosial selaku strategi pemasaran, hal itu akan memungkinkan Anda untuk meluaskan jaringan pelanggan karena banyak orang melihat berbagai produk Anda yang tak dapat dijangkau oleh media iklan lainnya. Jadi, dengan memanfaatkan media sosial, Anda mempunyai peluang untuk terus tumbuh dan menjalin hubungan dengan pelanggan potensial cuma dengan terus aktif di dalam media itu.


Meningkatkan Visibilitas

Anda bisa memakai media sosial untuk membiarkan pelanggan mengetahui dan terus mengikuti produk atau jasa terbaru apa yang ditawarkan oleh Anda. Saat Anda mengadakan berbagai penawaran besar, maka calon pelanggan akan berbagi dan menyebarkan tentang bisnis Anda kepada teman dan keluarga yang tertarik juga dengan produk-produk yang sedang Anda tawarkan. Apalagi, bila Anda sudah mempunyai banyak pengikut (follower)  dalam akun bisnis media sosial Anda.


Meningkatkan Loyalitas dengan Konten

Anda bisa menggunakan konten berupa artikel, infografis dan video supaya publik tahu lebih banyak mengenai bisnis yang tengah Anda jalankan dan bagaimana caranya Anda dalam menangani pelanggan Anda. Anda bisa memposting konten-konten yang dapat mengedukasi pelanggan/konsumen Anda.  Nah, itulah alasan perlunya menambah konten baru yang  diperlukan banyak orang merupakan suatu hal yang harus dilakukan untuk membangun hubungan baik dengan pelanggan potensial. Hal itu pun untuk menambah kesetiaan pada merek/brand dan jaringan pelanggan. Malahan, dalam konten-konten itu, Anda pun dapat menyelipkan soft selling dengan cara menyinggung produk-produk ataupun jasa yang sedang Anda pasarkan.


Menjaga Relasi yang Baik dengan Pelanggan/Calon Pelanggan

Media sosial akan membangun ruang publik yang baru. Itu berarti Anda mesti bersedia menerima saran maupun kritik dari pelanggan/konsumen lewat kolom komentar. Bila ada saran berhubungan dengan permintaan baru atas suatu produk, maka Anda pun mesti berusaha untuk memenuhi permintaan calon pelanggan/konsumen itu. Begitu pula bila ada kritik untuk usaha atau bisnis online Anda, maka janganlah segan segan untuk memberikan respon atau menawarkan jalan keluar atas berbagai masalah yang timbul.

Sebelum Anda memakai media sosial untuk strategi pemasaran, pertama yang mesti Anda tahu adalah apakah tujuan usaha / bisnis Anda? Apakah target yang ingin Anda raih dengan jalan melakukan marketing atau pemasaran lewat media sosial? Siapakah tujuan pasar Anda dan bagaimanakah mereka memakai media sosial? Apakah pesan yang hendak Anda sampaikan kepada calon pelanggan lewat media sosial kelak?

Berbagai pertanyaan itu tentu saja mesti Anda temukan terlebih dulu jawabannya. Hal ini merupakan rencana untuk memantapkan strategi pemasaran Anda dengan dukungan media sosial.

Pada dasarnya, strategi pemasaran lewat sosial media yaitu untuk mengembangkan target market Anda, antara lain:

  • Mendapatkan trafik ke website Anda.
  • Konversi
  • Kesadaran terhadap suatu merek/brand.
  • Membentuk identitas merek/brand.
  • Komunikasi dan interaksi dengan calon pelanggan.
  • Strategi Pemasaran Bisnis Online Terbaik dengan Memanfaatkan Media Sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar