Tips Jitu Membangun dan Mengembangkan Instagram Bisnis - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 23 Juli 2021

Tips Jitu Membangun dan Mengembangkan Instagram Bisnis

 

Instagram adalah suatu platform yang agak berbeda dengan Facebook. Instagram merupakan platform yang dirancang spesial untuk menampilkan berbagai konten visual. Lalu, bagaimanakah cara jitu membangun dan mengembangkan Instagram bisnis?

Kini mungkin Anda menanyakan bagaimana cara membuat akun instagram bisnis? Caranya mudah sekali seperti halnya membuat akun instagram untuk profil Anda. Sesudah usai membuat akun instagram lantas langkah berikutnya ialah mengubahnya menjadi akun bisnis.

Di dalam akun instagram milik Anda silakan klik pengaturan/settings, lalu Anda gulung ke bawah lalu klik Account, lantas silakan pilih atau klik “Switch to Professional Account”. Kemudian pilihlah Kreator atau Bisnis. Silakan dipilih Bisnis.


Berikut beberapa tips jitu yang dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan Instagram bisnis yang baik.

Visual yang mudah dikenali dan konsisten

Buatlah visual yang mudah dikenali dan konsisten. Follower Anda biasanya akan mengenali gaya dari brand Anda. Dengan makin dikenalinya setiap foto yang diposting di Instagram, tentunya akan makin besar pula peluang foto Anda dikomentari dan di-like. Umumnya aplikasi membantu orang-orang untuk mendapatkan style yang diingini bagi brand mereka.


Pilih Subjek Foto yang akan ditampilkan

Setiap konten yang akan diposting mesti sesuai dengan tema bisnis Anda. Jika Anda ingin menjual dan memberikan informasi mengenai wisata, tentunya foto-foto yang kelak akan diunggah yang terkait dengan masalah itu, seperti objek wisata, restoran/cafe, hotel/penginapan, tiket promo, diskon/give away dll Namun sesekali tentunya Anda boleh memposting foto-foto yang tak ada sangkut pautnya dengan bisnis Anda agar akun Instagram Anda lebih menarik dan lebih personal.


Gunakan Branded Hashtags

Instagram merupakan sosial media yang mementingkan posting visual, namun ada sebuah elemen yang dari hari ke hari menjadi amat penting, yakni penggunaan hashtags. Mempergunakan sebanyak-banyaknya hashtags ke dalam foto yang diunggah memang tidak salah, namun bila melakukan cara ini terus-menerus akan menyebabkan foto-foto Anda jadi tidak fokus. Sebaiknya gunakan 4 - 10 hashtags saja.


Perhatikan Audiens Anda

Janganlah pernah meniru strategi merek lain sebab Anda tak akan pernah berhasil bila meniru secara serampangan. Untuk itu coba lihat dari sosial media lainnya, konten seperti apa yang sangat disukai dan yang banyak sekali di-share oleh audiens dalam sektor Anda di Instagram dan seperti apa mereka menjalankan interaksi dengan brand/merek pesaing Anda atau yang masih satu sektor dengan bisnis Anda.


Buat Konten Sekreatif Mungkin

Mengambil foto, menambahkan efek atau filter di foto tersebut kemudian diposting adalah langkah-langkah dasar yang digunakan oleh para pengguna Instagram di seluruh dunia untuk menunjukkan eksistensi mereka.

Akan tetapi tidak cukup hanya dengan melakukan tiga langkah dasar tersebut karena algoritma mesin pencari dan Instagram pun selalu diperbaharui dan selalu berubah setiap waktu untuk hasil yang lebih baik lagi. Maka dari itu buatlah konten sekreatif mungkin dan lebih unik bagi Instagram bisnis Anda.


Buat Caption dan Manfaatkan Fungsinya Secara Tepat

Caption yang dibuat sedemikian rupa adalah elemen dalam strategi marketing di sosme Instagram. Anda di sana dapat menerangkan cerita di dalam gambar/foto yang diunggah sehingga dapat membantu follower lebih mengerti arti dan pesan di balik foto serta pesan yang ingin Anda berikan kepada mereka. Jangan lupa tambahkan emoji.


Manfaatkan Foto dan Video Album

Instagram mempunyai fitur untuk dapat mengunggah hingga 10 foto dalam sekali posting. Fitur ini membantu sekali pada follower Anda untuk mengenali secara menyeluruh dari kondisi khusus. Contohnya Anda ingin menampilkan postingan makanan, maka Anda pun dapat menyertakan beberapa foto/gambar lainnya seperti minuman, kondisi cafe dan sebagainya.


Bekerjasama dengan Influencer atau Pihak Lain

Peran dari para influencer yang terkait dengan merek/brand Anda akan sangat membantu, walaupun terkadang hasilnya tidak kita rasakan. Bermitralah dengan mereka dalam bentuk sponsor/promosi di akun mereka sendiri sehingga brand/merek Anda akan lebih diketahui dan dilihat oleh pengguna Instagram karena akun Instagram bisnis Anda akan diperkenalkan oleh mitra Anda tersebut kepada seluruh orang yang menjadi follower-nya. Langkah ini memang perlu mengeluarkan biaya yang terkadang tidaklah sedikit.

Untuk membangun Instagram yang berhasil perlu kerja keras dan perjuangan yang gigih. Tidak sedikit yang menyerah di tengah jalan dan ada pula yang berjuang dengan cara-cara yang dinilai kurang positif seperti menampilkan anggota tubuh yang semestinya tidak untuk dipertontonkan kepada publik, membeli follower, malahan ada juga yang melakukan spam dll.

Ingatlah, bila Anda ingin mendapatkan uang dari internet, maka gunakanlah cara-cara yang baik supaya Anda dapat menuai hasilnya dengan puas dan bisa dinikmati untuk selamanya. Kerja keras Anda tak akan pernah sia-sia walaupun itu mesti berjalan dengan amat lambat.

Mudah-mudahan apa yang sudah diuraikan dalam tulisan “Tips Jitu Membangun dan Mengembangkan Instagram Bisnis” ini dapat memberikan secuil pengetahuan dan panduan yang tepat bagi Anda. Dengan mengikuti panduan yang tepat dan memulai dengan langkah yang benar, semoga hasilnya pun optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar