3 Manfaat dan 4 Strategi Online Marketing Untuk UMKM - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Rabu, 21 Juli 2021

3 Manfaat dan 4 Strategi Online Marketing Untuk UMKM

 

Online marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang jitu bagi UMKM. Online marketing adalah mempromosikan atau mengenalkan produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan cara online.

Online marketing menawarkan beragam manfaat untuk UMKM Anda. Apa saja manfaat online bagi UMKM?

Manfaat Online Marketing

Manfaat online marketing bagi UMKM yakni membantu UMKM Anda dikenal orang-orang, memperoleh konsumen/pelanggan yang potensial, dan membuat website Anda ada pada halaman pertama Google.


1. Dikenal banyak Orang

Siapa sih orangnya yang tidak ingin UMKM miliknya dikenal oleh orang-orang? Pasalnya makin banyak orang yang mengenal UMKM Anda, maka semakin gampang bagi Anda memperoleh lebih banyak konsumen/pelanggan.

Dengan menggunakan beragam strategi online marketing bisa membantu UMKM Anda dikenal oleh orang-orang. Misalnya melalui pemasaran media sosial, Google Ads, pemasaran konten, dan strategi online marketing yang lainnya.


2. Menjadi Nomor 1 di Google

Membuat website UMKM Anda ada di halaman pertama mesin pencarian atau seacrh engine  seperti Google bisa membantu menambah kepercayaan (kredibilitas) calon konsumen pada UMKM Anda, dan memotivasi mereka untuk mengadakan pembelian. Anda akan memperoleh lebih banyak pelanggan/konsumen.

Misalnya saat Anda melakukan pencarian tentang UMKM, pastinya Anda lebih menyukai dan percaya dengan website-website yang ada di halaman pertama pada hasil pencarian Google.

Optimalisasi SEO merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan supaya website Anda ada di halaman pertama mesin pencarian.

Optimalisasi SEO bisa dilakukan dengan 2 teknik, pertama memakai teknik SEO On Page dan teknik SEO Off Page. Teknik SEO On Page adalah teknik optimalisasi yang diadakan pada website itu sendiri. Sementara SEO Off Page adalah teknik optimalisasi SEO yang dijalankan di luar website tersebut.


3. Mendapatkan Pelanggan yang Potensial

Dalam bisnis, konsumen atau pelanggan potensial merupakan salah satu kunci yang menjadikan UMKM Anda semakin maju. Pelanggan/konsumen yang potensial yakni mereka yang betul-betul memerlukan produk yang Anda tawarkan.

Melalui online marketing, Anda bisa memilih target audiens untuk memperoleh pelanggan yang potensial. Anda bisa menggunakan Instagram Ads, Facebook Ads, atau Google Ads.

 

Strategi Online Marketing Untuk UMKM

Adapun tentang strategi online marketing yang cocok untuk UMKM Anda yakni melakukan pendaftaran di Google Bisnisku, membuat website, melakukan kampanye media sosial, dan Google Ads.


1. Daftar di Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan tools Google untuk memudahkan calon konsumen mengetahui informasi tentang UMKM Anda, seperti nama, alamat perusahaan, nomor kontak, alamat e-mail, jam operasional, alamat website, foto kantor, sampai ulasan konsumen.

Google Bisnisku pun bisa menjadi sarana komunikasi dengan calon konsumen, memudahkan Anda memperoleh ulasan dari konsumen, dan menjadikan UMKM Anda nampak di Google Maps. Ada langkah-langkah yang mesti dilakukan untuk mendaftar di Google Bisnisku.


2. Buat Website

Website merupakan salah satu media online yang bisa membantu menaikkan kredibilitas dan brand awareness calon konsumen pada UMKM Anda.

Website pun bisa menunjang Anda meraih lebih banyak konsumen sebab website akan memperkenalkan produk atau jasa Anda sepanjang 24 jam penuh. Calon pelanggan/konsumen bisa mengakses website Anda kapan saja dan dimana saja.

Melalui website tersebut Anda pun bisa menampilkan beragam informasi yang lebih komplit dan lebih rinci, seperti cara memesan produk/jasa, cara penggunaan produk, cara pembayaran produk, dan informasi lainnya yang barangkali diperlukan oleh calon konsumen.


3. Lakukan Pemasaran Media Sosial

Pemasaran media sosial merupakan strategi online marketing yang dijalankan dengan menggunakan beragam platform media sosial. Ada beberapa media sosial yang dapat Anda gunakan, seperti Instagram, Facebook, dan YouTube.

Pemasaran media sosial membantu UMKM untuk menaikkan popularitas, memperoleh lebih banyak konsumen, dan menambah pengunjung website.

Panduan melakukan pemasaran media sosial:

  • Lakukan riset atau penelitian pada calon konsumen.
  • Buatlah tujuan iklan yang jelas.
  • Analisis pesaing.
  • Buatlah konten yang menarik dan relevan.
  • Pilih waktu posting secara tepat.
  • Gunakan iklan atau Ads seperti Instagram Ads dan Facebook Ads.
  • Lakukanlah evaluasi iklan untuk menambah kinerja pemasaran media sosial yang sudah Anda lakukan.

Ketujuh panduan di atas akan membantu pemasaran media sosial yang Anda lakukan bisa berlangsung dengan baik guna memperoleh hasil yang baik juga.


4. Manfaatkan Iklan Google atau Google Ads

Google Ads pun jadi salah satu strategi online marketing yang menyajikan manfaat untuk UMKM Anda. Google Ads merupakan sarana iklan berbayar yang tersedia oleh Google.

Meskipun memerlukan dana untuk beriklan, namun Anda dapat memilih anggaran dana yang akan Anda gunakan. Anda pun dapat menetapkan audiens yang tepat untuk memperoleh konsumen yang lebih terarah.

Google Ads pun merupakan upaya agar menjadikan website UMKM Anda ada di halaman pertama dalam pencarian mesin telusur Google.

Nah demikian tadi 3 manfaat dan 4 strategi online marketing yang pastinya amat bermanfaat untuk UMKM Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar