Cara Beriklan Dengan Instagram - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Rabu, 21 Juli 2021

Cara Beriklan Dengan Instagram

 

Ada beragam strategi digital yang dapat Anda pilih untuk melebarkan bisnis Anda. Tentunya akan banyak keuntungan yang akan Anda peroleh dalam beriklan dengan cara online. Bagaimana beriklan dengan Instagram? Seperti apa cara beriklan dengan Instagram?

Media sosial merupakan tempat yang amat tepat untuk memasarkan bisnis Anda, salah satu diantaranya adalah Instagram. Pada tulisan kali ini kita akan mengulas bagaimana dan apa saja keuntungan beriklan dengan menggunakan Instagram sebagai medianya.

Instagram merupakan salah satu platform iklan mobile paling besar di dunia dengan lebih dari 500 juta pengguna. Dengan lain kata, Instagram sekarang telah menjadi aplikasi ponsel paling terkenal di dunia yang diukur dari jumlah penggunanya. Lantas bagaimana pula dengan di negara kita Indonesia? Berdasarkan data yang telah dicatat oleh CNN Indonesia pada tahun 2016 terdapat 22 juta pengguna aktif Instagram dari Indonesia. Bagaimana dengan tahun 2019 ini? Tentu akan mengalami kenaikan seiring dengan banyaknya usaha atau bisnis dan kesadaran masyarakat terhadap perkembangan media sosial.

Dengan jumlah pengguna yang amat luar biasa ini, Anda bisa berbagi cerita mengenai bisnis Anda kepada seluruh pengguna yang mempunyai keterlibatan dengan usaha atau bisnis Anda dengan cara yang kreatif sehingga akan amat mudah mendorong mereka untuk menjalankan tindakan terhadap iklan yang Anda pasang.

Lantas, mengapa harus menggunakan Instagram? Berikut beberapa keuntungan beriklan dengan menggunakan Instagram untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda.


Target Iklan Tepat Sasaran

Instagram mempergunakan penargetan Ads yang mirip dengan Facebook Ads sehingga Anda bisa mendapatkan informasi mengenai pengguna Instagram yang amat spesifik sekali. Anda dapat menargetkan iklan Anda mulai dari lokasi, usia, jenis kelamin maupun ketertarikan (minat).


Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Kebanyakan orang memanfaatkan Instagram untuk mencari inspirasi visual. Jika Anda menggunakan Instagram secara baik, maka Anda dapat membangkitkan bagian emosional dari target audiens. Fitur Ads atau iklan memberi kemungkinan bagi brand atau merek untuk meraih lebih banyak orang dengan profil demografi yang cocok dengan karakter pasar Anda.


Tersedia Fasilitas atau Fitur Tombol Ajakan (Call-to-Action)

Anda dapat mnggunakan tombol ajakan atau Call-to-Action untuk mengunjungi website bisnis Anda ataupun mengunjungi profil Instagram Anda.


Mampu Mengarahkan Pengunjung ke Website Anda

Dengan hadirnya Instagram Ads, maka Anda bisa langsung mencantumkan link URL yang bisa menghantarkan pengguna Instagram mengunjungi ke website Anda.


Dapat Meningkatkan Potensi Penjualan

Sebelum tersedia fitur Ads, Anda Cuma dapat menyertakan link tautan ke website terbatas hanya di halaman profil saja. Akan tetapi dengan disediakannya fitur Ads memungkinkan Anda untuk menaikkan jumlah kunjungan ke website Anda.


Ada 3 Jenis Instagram Ads

Instagram menawarkan 3 jenis iklan yakni iklan berbentuk gambar, video, hingga beberapa gambar di dalam satu postingan.

Menarik, bukan? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Instagram Ads guna beriklan dengan Instagram?  Terus, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mengawali beriklan dengan Instagram?


Berikut ini hal-hal yang harus disiapkan untuk memulai beriklan dengan Instagram.

Memilih Tujuan Yang Khusus

- Untuk menaikkan brand awareness,

- Menambah customer engagement,

- Menambah potensi penjualan lewat website atau perangkat mobile.


Memastikan Target

Pastikan target audiens yang sesuai dengan profil demografi konsumen.


Konten Yang Menarik

Anda bisa menyiapkan terlebih dulu konten visual yang bisa berbentuk gambar/foto ataupun video singkat yang membicarakan bisnis secara visual sehingga target audiens terdorong secara emosional untuk mempergunakan produk atau layanan jasa milik Anda.

Instagram menyediakan beberapa jenis iklan untuk membantu memasarkan produk atau layanan yang Anda miliki.


Ada 3 jenis iklan di Instagram antara lain:

Photo Ads

Dengan menampilkan sebuah foto, Anda bisa memilih salah satu dari sekian banyak koleksi foto bisnis Anda guna diperlihatkan kepada khalayak atau audiens. Jenis iklan ini umunya dipergunakan dengan tujuan untuk menuntun para audiens Instagram yang sudah ditargetkan ke website Anda bila mereka tertarik atau berminat terhadap iklan Anda.


Video Ads

Anda dapat membuat suatu video singkat yang menarik dengan durasi maksimal selama 60 detik untuk diperkenalkan pada audiens Instagram yang sudah ditargetkan.


Carousel Ads

Jenis iklan ini menyajikan beberapa gambar untuk menarik hati audience Instagram yang sudah ditargetkan. Audiens akan menggeser layar monitor untuk melihat gambar atau foto bisnis Anda disertai dengan tombol yang akan menghantarkan mereka pada website bisnis Anda untuk memahami lebih jauh.

Demikianlah beberapa cara beriklan dengan  Instagram. Anda dapat menerapkannya sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar