5 Kiat Menjalankan Strategi Pemasaran Online yang Ampuh - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Rabu, 21 Juli 2021

5 Kiat Menjalankan Strategi Pemasaran Online yang Ampuh

 

Cepatnya perkembangan bisnis online pada beragam industri ikut mengajak kita mengikuti beberapa perubahan dalam dunia perdagangan dan digital. Akan tetapi dari perkembangan yang tidak terkendali tersebut, hanya kira-kira 8% atau sebanyak 3,79 juta pelaku bisnis UKM sudah mengaplikasikan strategi online marketing atau pemasaran online dalam usahanya. Lalu bagaimana cara menjalankan strategi pemasaran online yang ampuh?

Pesatnya pertumbuhan bisnis online secara tidak langsung menuntut para pebisnis UKM untuk terjun di dalamnya. Termasuk menjalankan penjualan pada platform digital dan melaksanakan pemasaran online mesti dilakukan untuk mendukung kesuksesan penjualan. Berikut beberapa kiat menjalankan strategi pemasaran online yang ampuh yang wajib Anda coba.


1. Pasarkan Produk Anda Melalui Sosial Media

Kenaikan penggunaan sosial media setiap tahun semakin bertambah cepat. Pernyataan itu menjadi alasan kenapa sosial media sekarang menjadi sarana pemasaran yang sangat ampuh untuk mengenalkan produk Anda pada target pasar yang luas. Untuk mulai melakukan strategi ini, langkah awal yang mesti Anda lakukan ialah membuat akun sosial media untuk brand/merek Anda seperti akun Instagram, Facebook, Pinterest, Twitter, dan sebagainya.

Rencanakan konten yang menarik, unik, bermanfaat dan konsisten untuk diposting di sosial media, serta selipkan pesan promosi di dalamnya untuk memberikan penawaran produk yang Anda miliki. Contohnya, bila Anda merupakan pemilih bisnis fashion, Anda bisa membuat foto yang Anda menjadi postingan yang menarik dengan mempergunakan model yang cocok dengan produk fashion Anda. Jangan lupa membuat caption yang menarik dan persuasif untuk menghantarkan pesan promosi.


2. Gunakan Website Untuk Meluaskan Audiens Produk Anda

Website selaku platform digital dianggap sebagai sarana pemasaran yang bagus dalam jangka waktu lama. Walaupun beragam forum online ada sebagai sarana promosi, website tetap mempunyai pangsa yang luas. Pemanfaatan website untuk mengenalkan produk Anda menjadikan pembeli kian percaya sebab brand/merek Anda mempunyai website yang meyakinkan. Sering kali calon konsumen mencari informasi terlebih dulu mengenai website produk Anda lewat search engine atau mesin telusur seperti Google.

Bila website Anda tidak bisa ditemukan, para konsumen dan calon konsumen/pembeli dapat mempunyai kesangsian mengenai produk Anda. Lain halnya bila Anda mempunyai website produk, tentunya pembeli menjadi lebih yakin untuk membeli produk yang Anda jual.


3. Kirimkan E-mail Marketing Kepada Pangsa Pasar Anda

Kiat menjalankan strategi pemasaran online yang ampuh salah satunya yakni dengan penggunaan e-mail marketing. Pasalnya melalui sarana promosi ini, e-mail marketing dianggap sebagai media pemasaran yang ampuh dan tertarget. Seputar informasi mengenai promo atau produk baru dan info lainnya berkenaan bisnis Anda bisa dikirimkan otomatis kepada target pasar. Disamping itu, Anda pun bisa melakukan pendekatan secara personal dengan konsumen ataupun calon konsumen sehingga Anda bisa membangun hubungan baik yang akan berdampak terhadap peluang penjualan.


4. Tawarkan Sebagai Reseller Produk Pada Audiens/Khalayak

Penerapan sistem reseller bisa menaikkan penjualan produk Anda dan termasuk strategi pemasaran yang relatif optimal. Capaian pasar yang lebih luas dan penjualan dalam jumlah besar menjadi solusi untuk perkembangan bisnis Anda. Walaupun harga yang Anda tentukan untuk reseller jauh lebih murah, tetapi profit yang Anda peroleh bisa lebih besar lantaran produk yang terjual terjadi dalam jumlah besar dan rutin.


5. Tampilkan Ulasan Produk dan Testimoni Pelanggan Kepada Calon Pembeli

Kehadiran testimoni serta ulasan produk dari konsumen atau pelanggan dinilai amat ampuh dalam menciptakan kepercayaan calon konsumen atau pembeli pada produk Anda. Khususnya untuk calon konsumen yang masih merasakan ragu-ragu dengan produk/jasa Anda, mereka mesti mendapatkan bukti mengenai mutu atau kualitas produk. Anda bisa memberikan pelayanan paling baik bagi pelanggan/konsumen lantaran hal ini yang akan membangun engagement dan menjadikan pembeli merasa puas terhadap produk yang mereka peroleh.

Berlainan dengan perusahaan berskala besar, perusahaan kecil dan menengah atau UKM belum tergerak untuk menyadari alangkah perluya pemasaran online untuk menarik hati konsumen/pelanggan dalam jumlah banyak. Kesadaran yang masih kurang itu malahan menganggap kalau online marketing cuma akan buang-buang uang saja lantaran hasilnya dinilai  tidak sesuai dengan harapan.

Akan tetapi anggapan itu tentunya tidak sepenuhnya benar. Pasalnya bila Anda dapat melakukan pemasaran online secara tepat, maka hasil yang akan didapat dalam menaikkan jumlah penjualan pada bisnis pun bisa bertambah. Dengan begitu bisa disimpulkan bahwa pemasaran online bisa membantu Anda memperoleh banyak konsumen atau pelanggan asalkan Anda bisa menetapkan strategi yang ampuh dan cocok dengan bisnis Anda.

Menjalankan strategi online marketing atau pemasaran online bagi bisnis Anda, khususnya bisnis berbentuk UKM adalah kiat pemasaran yang mesti Anda lakukan. Anda bisat mengawalinya dengan mengendalikan keuangan perusahaan Anda sehingga kelak bisa membuat rencana dan membuat budget/anggaran untuk online marketing atau pemasaran online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar