4 Panduan Digital Advertising supaya Strategi Marketing Anda Kian Efektif - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Senin, 26 Juli 2021

4 Panduan Digital Advertising supaya Strategi Marketing Anda Kian Efektif

 

Digital advertising sudah menjadi komponen penting dari strategi marketing modern dan jika hal ini belum menjadi bagian dari strategi bisnis Anda, maka secepatnya untuk berbenah diri. Entah itu bisnis B2B ataupun B2C, dengan mengaplikasikan digital advertising yang tepat, Anda akan bisa mengembangkan kehadiran online atau online presence, dan pada akhirnya tentu akan menciptakan lebih banyak penjualan atau konversi.

Bagaimana pun juga, bila iklan Anda tidak dipikirkan secara matang, kemungkinan besar Anda tak akan memperoleh hasil yang sesuai dengan harapan. Tiap-tiap bagian dari iklan, entah itu desain, kanal/saluran yang digunakan, maupun pesan, mesti dipertimbangkan secara matang supaya bisa berjalan sesuai dengan harapan Anda.

Berikut ini beberapa tips digital advertising yang bisa diintegrasikan dengan strategi marketing Anda sendiri untuk menunjang bisnis Anda memperoleh hasil sesuai dengan apa yang Anda inginkan.


1. Elemen Kreatif

Ketika pasang iklan di media sosial, penting sekali untuk selalu mengamati elemen kreatif sesering mungkin supaya selalu relevan dan supaya audiens tidak melihat postingan serupa lebih dari satu kali. Ketika mencoba kampanye iklan yang baru, carilah gambar yang memiliki nilai seni dan ciri khusus yang konsisten sehingga audiens akan lebih gampang mengenali merek atau brand milik Anda.


2. Gunakan Uang secara Bijaksana

Tiap-tiap platform penyedia layanan iklan tentu saja memberikan Anda sebuah nilai atau penawaran yang tidak sama. Untuk itu Anda perlu mencari tahu ataupun menganalisis di platform mana saja semestinya Anda menanamkan uang dan waktu. Penting sekali untuk mengenal kelebihan dan kekurangan setiap platform.

Platform iklan search engine atau mesin pencari seperti Google AdsWord berperan lebih baik saat ada permintaan untuk pencarian produk atau layanan Anda melalui browsing di browser dan saat Anda ingin menyasar orang yang mencari produk atau layanan Anda dengan cara online. Google AdsWords kurang efisien untuk startup yang sudah membuat produk baru, inovatif, dan belum pernah kelihatan di pasar.

Sedangkan untuk produk yang dapat dengan mudah ditemui di toko konvensional atau minimarket, pencarian secara online relatif jarang dilakukan sehingga platform seperti Google AdsWords kurang demikian efisien. Disinilah platform media sosial berkesempatan mengambil peran sebagai media marketing atau pemasaran. Para pengguna media sosial mengisi profil mereka dengan rincian demografis dan minat lainnya. Ini artinya Anda bisa menyasar orang-orang yang mungkin tertarik dengan usaha atau bisnis Anda, entah mereka mencari bisnis Anda ataupun tidak.


3. Lakukan Riset

Sekarang ini barangkali Anda merasa mengerti apa yang diperlukan oleh audiens Anda menurut pengalaman masa lalu dengan iklan yang telah Anda jalankan. Akan tetapi, menyisihkan waktu untuk melakukan penelitian menyeluruh dan mempunyai data untuk menunjang tindakan Anda amatlah penting.

Dengan penelitian, Anda bisa mengantisipasi saat konsumen Anda memperlihatkan perilaku spesifik yang bisa jadi akan merugikan bisnis Anda kelak. Penting sekali untuk mengantisipasi segala situasi, dan memanfaatkan informasi yang Anda kumpulkan dari penelitian untuk membuat rencana strategi marketing atau pemasaran Anda seterusnya.


4. Kenali Target Audiens Anda

Dalam iklan digital penting sekali untuk mengerti siapa tujuan audiens Anda, sosial media mana saja yang sering sekali dipergunakan dan pastikan pula mereka membuat konten - konten disana.

Saat membahas masalah digital advertising, Facebook terbukti paling depan lantaran memiliki pilihan terbaik untuk memilih kepada siapa Anda ingin menjalankan iklan dan Anda pun bisa mengatur berapa saja budgetnya. Facebook pun memungkinkan Anda mentarget audiens menurut minat, dan Anda dapat memasukkan sampai 10 jenis minat. Itulah sebabnya Anda perlu mengetahui siapa sasaran audiens Anda, apa yang mereka ingini, dan apa yang mereka hendak lakukan. Dengan begitu, konten yang Anda nanti buat mesti menyesuaikan dengan ciri khas audiens, dan ini nantinya akan menarik perhatian audiens.

Sekarang ini digital advertising mengalami kemajuan yang relatif pesat. Hal yang membuat pertumbuhan yang amat pesat ini disebabkan oleh karakteristik dari media digital yang bisa diukur dan efektif. Maka dari itu digital advertising memberikan klien peluang untuk membidik audiens setepat-tepatnya dengan konten yang amat relevan dan pada waktu yang tepat juga.

Digital advertising masih belum dimanfaatkan sesuai dengan potensinya saat ini, bahkan  acapkali mengganggu konten kesayangan konsumen sehingga tidak meningkatkan nilai tambah terhadap pengalaman konsumen.

Sekarang, dua perusahaan iklan digital terbaik adalah Google dan Facebook, bukan cuma lantaran iklan mereka yang menambah pengalaman pengguna/konsumen, tetapi juga karena nilai itu mengarah pada hasil bisnis yang signifikan dan positif untuk para pemasar.

Demikianlah ulasan tentang 4 panduan digital advertising atau iklan digital supaya strategi marketing Anda kian efektif sehingga meningkatkan konversi atau omzet penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar