5 Strategi Pemasaran YouTube Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 23 Juli 2021

5 Strategi Pemasaran YouTube Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Anda

 

Kini YouTube sudah menjadi salah satu platform sosial media berbasis konten video dengan jumlah pengguna terbanyak dari seluruh penjuru dunia. Sebagai mesin pencari yang berbasis video, YouTube sangat digemari masyarakat sebagai search engine informasi yang menyenangkan. Tidak heran bila sekarang strategi pemasaran YouTube telah menjadi trend di kalangan para pebisnis.

Masyarakat pada umumnya mengakses YouTube untuk mencari video tutorial, menonton film, video komedi, dan lain sebagainya. Akan tetapi ternyata, pengguna tak menyadari kalau dari beragam konten yang mereka cari itu merupakan video untuk menciptakan branding usaha dalam upaya menaikkan engagement para pelanggan. 

Jadi, bila Anda dapat menemukan strategi yang tepat dalam menggunakan YouTube sebagai media marketing, maka Anda dapat membuat informasi menjadi suatu video yang disukai pelanggan Anda sehingga mereka kian percaya dan akan membeli produk-produk atau jasa yang Anda jual. Berikut beberapa strategi jitu yang dapat Anda lakukan dalam usaha membangun pemasaranYoutube atau YouTube marketing bagi bisnis Anda.


1. Kenalkan Produk Anda Kepada Masyarakat

Langkah awal yang harus Anda kerjakan dalam membuat video marketing atau pemasaran lewat YouTube adalah menciptakan konten yang berisi mengenai produk Anda. Berikan keterangan kepada masyarakat lewat penjelasan produk, presentasi atau dengan memberikan seminar via website atau webinar sehingga pelanggan/konsumen mengetahui dan gampang tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.


2. Tampilkan Informasi Keahlian yang Relevan dengan Bisnis Anda

Dengan dinyatakannya YouTube menjadi mesin pencarian berbasis video paling besar dan search engine paling besar kedua sesudah Google, menandakan kalau banyak sekali pengguna internet suka mencari informasi lewat video YouTube. Kenyataan ini adalah titik awal yang bisa Anda jadikan kesempatan untuk menampilkan usaha Anda, untuk menarik minat calon pembeli potensial lewat penyajian video seputar skill atau keahlian yang terkait dengan usaha Anda.

Untuk itu Anda bisa memproduksi video mengandung konten informatif dan memberikan saran yang berguna untuk masyarakat pemirsa. Misalnya saja bila Anda menjual produk fesyen pada platform online, maka Anda dapat membuat video tentang cara berbelanja produk fesyen yang aman secara online.


3. Membuat Konten Video di Balik Layar Mengenai Bisnis Anda

Pembeli atau konsumen tentunya akan merasa senang bila mereka bisa mengetahui apa saja  yang Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda mempunyai banyak konsumen atau pelanggan. Dengan mengetahui latar belakangnya atau proses yang terjadi di balik layar, pelanggan dapat mempunyai alasan lebih untuk mengapresiasi usaha yang Anda bangun.

Dalam masalah ini misalnya Anda dapat menampilkan video yang isinya tayangan wawancara dengan CEO bisnis lain, memperlihatkan beberapa karyawan Anda selaku pendukung utama berjalannya bisnis atau kegiatan operasional yang berlangsung pada perusahaan Anda.


4. Buat Video yang Memuat Testimoni dari Pelanggan

Cara lainnya untuk menarik perhatian dan menciptakan kepercayaan pelanggan dapat Anda lakukan dengan menampilkan video testimoni dari para pelanggan yang merasa puas memakai produk Anda. Review yang baik dan rujukan dari satu pelanggan kepada pelanggan lainnya bisa membangun kepercayaan yang tinggi bagi bisnis Anda sehingga mereka tidak ragu-ragu untuk membeli produk yang ditawarkan.


5. Buat Video Tutorial yang Menjawab Kebutuhan Pelanggan Anda

Manakah yang akan Anda pilih bila Anda disuguhi video berdurasi tiga menit dan artikel sepanjang dua halaman untuk memperoleh informasi tentang cara kita melakukan transaksi di bank? Kebanyakan dari Anda tentunya akan memilih menonton video berdurasi pendek yang lebih gampang dipahami. Lantas bagaimana dengan konten yang akan Anda buat untuk mendidik pemirsa Anda?

Dalam hal ini Anda dapat menyuguhkan video tutorial yang isinya tahapan-tahapan atau prosedur secara rinci dan gampang diikuti oleh penonton video Anda. Kemudian dalam video itu Anda bisa melampirkan informasi seputar toko online Anda yang bisa memberikan kemudahan pelanggan dalam melakukan belanja.

Populeritas dan kemudahan yang diberikan YouTube untuk melakukan video marketing, menjadikan para pemasar masih mengandalkan platform sosial media yang satu ini. Lantaran menampilkan konten video melalui YouTube dianggap dapat mempengaruhi conversion rate hingga populeritas video saat kampanye dijalankan.

Dari video video yang telah ditampilkan pada channel Anda di YouTube tersebut seterusnya Anda bisa memandu masyarakat/pemirsa ke website dan sosial media perusahaan atau bisnis milik Anda. Cara ini dinilai relatif efektif untuk memperoleh trafik, audiens atau pemirsa baru, ataupun interaksi dengan audience.

Ramainya konten video di jagat daring bukan berarti menjadikan video marketing semakin tidak ampuh. Tetapi sebaliknya, promosi lewat cara ini akan kian besar jumlahnya lantaran menjadi bentuk promosi yang paling disukai atau dapat dibilang telah menjadi suatu trend. 

Itulah langkah-langkah untuk strategi pemasaran YouTube untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Upaya tersebut dapat Anda praktikkan untuk menciptakan brand awareness bisnis Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar