Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik untuk Meingkatkan Omset Penjualan - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 23 Juli 2021

Tips Membuat Konten Marketing yang Menarik untuk Meingkatkan Omset Penjualan

 

Di zaman modern saat ini yang kian menggila, semua dituntut untuk masuk ke dunia digital atau online. Demikian pula dalam dunia marketing, banyak pelaku bisnis yang bersaing membuat konten marketing yang menarik bagi calon konsumen mereka.

Hal ini bertujuan untuk menguatkan hubungan secara emosional terhadap konsumen ataupun mendatangkan konsumen baru. Oleh karena itu pembuatan konten marketing yang menarik merupakan sesuatu yang mutlak dibutuhkan bila Anda ingin kemajuan dalam bisnis.

Penelitian terkini dari Content Marketing Institute menyatakan bahwa lebih dari 80% pemasar B2B mempunyai strategi konten marketing. Praktik itu sebagai pendekatan strategi marketing yang berkonsentrasi pada pembuatan dan penyebaran konten yang bernilai, relevan, dan konsisten guna menarik target pasar yang dibidik.

Bila sekarang konten yang Anda posting/publish belum sukses menarik target pasar, maka berikut ini kiat membuat konten marketing yang menarik :


1. Sesuaikan konten dengan sasaran konsumen

Pastikan konten yang dibuat bisa mendefinisikan sasaran konsumen Anda kelak. Saat Anda sudah mengetahui betul siapa sasaran konsumen Anda, mulailah menyediakan konten yang mereka butuhkan, mengedukasi mereka, menghibur sampai mengubah cara berpikir mereka.


2. Konten menarik harus berkualitas menurut Tren

Anda perlu tahu tren yang berhubungan saat ini untuk menciptakan konten marketing yang menarik. Anda bisa mengetahuinya melalui Google Trends. Silakan pilih dan sesuaikan tren yang terkait dengan usaha atau bisnis Anda. Gunakan tren itu sebagai penghubung antara bisnis yang sedang Anda buat dengan kebutuhan calon konsumen. Buatlah konten marketing yang berkualitas dengan memberikan informasi yang valid bagi konsumen sasaran kita.


3. Promosikan dan distribusikan konten marketing

Distribusikan konten marketing Anda lewat beragam macam platform digital, seperti Instagram, Facebook, blog, dan sebagainya. Pastikan Anda menyebarkan konten yang dibuat dengan cara teratur supaya lebih banyak sasaran konsumen atau konsumen baru mendatangi Anda. Lakukanlah secara terencana dan jika perlu promosikanlah konten marketing Anda melalui digital agency dengan membayar jasa mereka tersebut. Tentukanlah anggaran yang akan Anda alokasikan dan konsultasikan bersama digital agnecy yang mengelola konten marketing Anda sehingga bisa membantu Anda dalam mengoptimalkan konten bisnis Anda.


4. Repurpose Konten Anda

Tidak selamanya konten marketing yang menarik mesti selalu baru atau konten yang orisinil. Kadang-kadang melakukan repurpose untuk konten yang telah kita buat pun sanggup menjadi hal yang menarik.

Konten atau informasi yang sebelumnya telah pernah dipublish dapat dikemas lagi dengan cara yang berbeda, tetapi berisi informasi dan maksud/tujuan yang sama. Ini akan menghemat waktu Anda dan dari sisi hasil akan tetap dapat menarik hati audiens atau sasaran konsumen Anda.

Contohnya adalah Anda dapat menambahkan beberapa foto/gambar, grafik maupun infografik yang dulu belum Anda tampilkan di konten - konten sebelumnya. Ini tentunya akan memberikan pemahaman dan penyampaian informasi yang lebih lengkap dan valid kepada sasaran konsumen atau calon konsumen Anda. Hal ini tentu saja akan menjadikan konten marketing Anda lebih menarik lantaran adanya pembahasan atau pemaparan yang jelas dan terperinci.


5. Selalu menentukan sasaran atau target

Semua pebisnis yang ditanya tentang apa yang diinginkan dari konten marketing yang dibuat, 9 dari 10 pebisbis tersebut tentunya akan mengatakan, peningkatan omset penjualan.

Namun, tahukah Anda kalau membuat konten marketing yang menarik mesti dilakukan secara teratur dan perlahan-lahan sebelum mencapai hasil akhirnya berbentuk peningkatan omset penjualan?

Tentunya kita mesti selalu menganalisis setiap perubahan yang muncul sesudah kita menayangkan atau mempublish konten marketing yang dibuat untuk memastikakan sasaran itu.  Misalnya saja pada tahap awal Anda menargetkan adanya kesadaran pada merek atau brand awareness. Pastikan sasaran konsumen yang sangat gampang disasar dan mudah sekali bagi Anda untuk melakukan penerobosan.


Analisis Konten Marketing

Gunakanlah alat-alat atau tools penunjang seperti Google Analytics untuk mengawasi siapa saja yang membuka konten Anda. Beranikanlah diri Anda untuk menentukan Key Performance Indicators (KPI) selaku pedoman kalau sasaran Anda sudah tercapai. Contohnya adalah Anda menargetkan ada sepuluh ribu trafik dari visitor website Anda. Hal ini memiliki tujuan untuk mempermudah Anda memantau kalau strategi marketing yang Anda aplikasikan berjalan dengan baik ataukah tidak. Pastikanlah  Anda mempunyai partner atau mitra dalam menjalankan atau melakukan strategi konten marketing ini.

Bisnis Anda akan berkembang atau tidaknya tergantung kepada Anda saat memastikan strategi yang sudah Anda buat apakah berjalan sesuai dengan rencana Anda atau tidak. Nah, sekarang secepatnya mulai dengan apa yang tengah Anda siapkan. Seketika sesudah Anda berhasil menciptakan konten marketing yang menarik akan banyak bermunculan audiens yang bisa menjadi sasaran konsumen potensial untuk Anda.

Demikianlah 5 cara membuat konten marketing yang menarik untuk konsumen ataupun calon konsumen guna meningkatkan omset penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar