Mengenal Instagram Takeover dan Cara Menjalankannya - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 23 Juli 2021

Mengenal Instagram Takeover dan Cara Menjalankannya

 

Memiliki akun Instagram bisa jadi bukan merupakan suatu hal yang aneh bagi masyarakat sekarang. Tidak cuma untuk sharing konten foto pribadi, Instagram pun telah jadi ladang untuk para pekerja kreatif, khususnya yang berkaitan dengan dunia fotografi dan seni.

Tidak sekadar itu, dengan popularitas yang terus berkembang Instagram tentunya berhasil menarik banyak pelaku bisnis untuk ikut berperan serta di dalamnya. Sebagai bukti, sekarang sebagian besar dari merek atau brand bisnis besar di seluruh penjuru dunia telah memiliki akun Instagram.

Yang barangkali belum terlampau banyak dikenal oleh pengguna, khususnya yang berada di Indonesia ialah Instagram memiliki sarana unik yang dinamakan Instagram Takeovers.

Dengan sarana ini secara mudah kita dapat memberikan wewenang kepada pemilik akun Instagram lainnya untuk mengisi pada akun Instagram kita dalam jangka waktu khusus.

Fitur Instagram takeover akhir-akhir ini menjadi terkenal, meskipun sebetulnya fitur ini sudah diperkenalkan sejak 2012 dan dipopulerkan oleh beberapa brand atau merek seperti Food Republic, Burberry dan General Electric. Mereka mengundang seorang atau beberapa orang pengguna Instagram untuk mengambil alih feed milik mereka selama 1 hari.

Semula Instagram takeover digunakan sebagai salah satu cara yang menyenangkan bagi brand atau merek dan pengguna Instagram, terutama influencer guna berkolaborasi. Sementara sekarang ini sudah berganti menjadi salah satu aspek yang utama dalam strategi marketing Instagram.


Pengertian Instagram Takeover

Instagram takeover merupakan proses pengambil alihan akun Instagram milik orang lain untuk sementara dan membagikan konten mereka dengan audiens mereka. Ini merupakan cara yang fantastis untuk brand atau merek, individu dan influencer untuk bekerja sama dan memperkenalkan konten dengan cara cross content atau silang.

Fitur ini semula hanya memungkinkan pengguna Instagram lainnya untuk mengirimkan foto/gambar saja. Namun bersamaan dengan berjalannya waktu, Anda bisa memposting beragam jenis konten, seperti foto, stories, serta video.


Alasan Instagram Takeover Berguna Sekali untuk Brand/Merek

Menurut Gary Vaynerchuk, seorang pebisnis ternama dan pemasar sosial media, menyatakan bahwa Instagram takeover tidak cuma menyenangkan, namun pula merupakan contoh yang hebat bagi pertukaran nilai (50/50). Sebuah bentuk kolaborasi yang saling menguntungkan dan setara.

Dengan takeover atau pengambil alihan, maka akun Instagram kepunyaan pemilik (tuan rumah) memperoleh seseorang yang bisa memberikan nilai baru terhadap audiens mereka, sedangkan pihak tamu bisa menjangkau audiens baru dengan konten mereka. Biasanya ini merupakan situasi win-win atau sama-sama saling menguntungkan. Lantas bagaimana cara melakukan Instagram Takeover supaya berjalan optimal.

Langkah-langkah dalam Menjalankan Instagram Takeover

Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan supaya proses takeover berjalan secara maksimal:


1. Tentukan Sasaran atau Target

Hal pertama yang mesti dipikirkan ialah menentukan sasaran atau target dari kegiatan ini. Berikut ini target - target yang bisa Anda pertimbangkan, antara lain :

  • Menambah kesadaran merek atau brand awareness ; followers bertambah, mencapai lebih banyak pemirsa, jumlah pemirsa menjadi lebih banyak dan lain sebagainya.
  • Menaikkan engagement : jumlah interaksi bertambah (view, like, comment, maupun direct message), banyaknya penonton live dan lain sebagainya.
  • Memperkenalkan (promosi) Produk atau Event : menaikkan trafik ke website Anda, menambah konversi, menambah jumlah visitor atau pengunjung dan lain sebagainya.


2. Tentukan/Pilih Siapa Tamu Anda

Biasanya terdapat 3 jenis tamu yang bisa diajak kolaborasi atau kerja sama, yakni :

Influencer, adalah orang yang mempunyai jumlah pengikut atau follower dengan jumlah tertentu bisa memberikan pengaruh kuat untuk  mereka.

Karyawan atau Kolega, mereka itu merupakan orang yang bisa memberikan bayangan kepada audiens mengenai bagaimana bisnis atau usaha Anda bekerja dan terkoneksi secara pribadi dengan audiens.

Anggota Komunitas atau Konsumen, mereka adalah konsumen, anggota komunitas maupun brand ambassador Anda yang bisa berbagi pengalaman unik mereka yang berhubungan dengan bisnis dan pemirsa/khalayak Anda.


3. Pilih Jenis Konten yang Akan Dipakai

Seperti halnya konten Instagram biasanya, Anda bisa memakai 3 jenis konten dalam melakukan Instagram takeover yaitu postingan berbentuk foto, stories, atau live video.

Menambahkan foto “tamu” pada feed Anda akan menyajikan warna baru yang bisa menurunkan kejenuhan audiens Anda. Stories bisa menjadikan audiens Anda menikmati pengalaman yang lebih pribadi. Sedangkan live video menyebabkan audiens Anda bisa berinteraksi secara langsung bersama “tamu” yang diundang.


4. Iklankan atau Perkenalkan Waktu  Takeover Dijalankan

Tanpa disertai promosi, Instagram takeover yang Anda lakukan barangkali tidak akan berlangsung secara baik (engagement rendah, jumlah penonton tidak banyak,). Alhasil, pastikan Anda sudah memperkenalkankan acara ini beberapa hari sebelumnya, entah di akun Instagram milik Anda sendiri atau di akun Instagram milik tamu Anda.

Demikianlah paparan tentang Instagram takeover dan 4 cara menjalankannya. Selamat mencoba dan mudah-mudahan sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar