5 Rahasia Digital Marketing Bagi Bisnis Startup - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 23 Juli 2021

5 Rahasia Digital Marketing Bagi Bisnis Startup

 

Bisnis startup atau usaha rintisan akhir-akhir ini menjadi terkenal, khususnya di kalangan generasi millennial. Tidak sedikit anak muda yang memilih untuk mengawali perusahaan rintisan dengan jenis bisnis yang unik dan kekinian. Perusahaan rintisan yang dirintis pun sebagian besar bisa menjawab dan solusi bagi tantangan kemajuan zaman yang terjadi pada masyarakat modern. Kini perusahaan startup banyak tumbuh dalam beragam bidang dan layanan.

Perusahaan startup biasanya bergelut di bidang teknologi. Kehadiran teknologi dan informasi yang berkembang cepat inilah menuntut perusahaan startup untuk selalu menjalankan inovasi bisnis. Tren digital tentunya merupakan hal yang butuh dicermati.


Bisnis Startup dan Digital Marketing

Kehadiran dan kemajuan bisnis startup tidak dapat dipisahkan dengan digital marketing atau pemasaran digital. Pemasaran pada awal mulanya sudah banyak dikenal secara konvensional. Pemasaran secara konvensional dianggap sudah kurang relevan karena dinilai tidak lagi efektif dan efisien untuk dapat mengembangkan bisnis.

Digital marketing adalah segala kegiatan promosi dan pemasaran yang dijalankan dengan mempergunakan media digital seperti internet dalam bentuk tulisan, video, foto, dan lain sebagainya, untuk bisa meraih konsumen dengan cepat dan tepat.

Perusahaan rintisan akan memerlukan sekali strategi digital marketing guna memperlihatkan keberadaannya sebagai usaha yang  berkembang. Tetapi, sedikit yang mengetahui hal-hal apa saja yang mesti diperhatikan oleh para pelaku bisnis startup dalam memanfaatkan digital marketing selaku sarana beriklan mereka. Berikut ini beberapa rahasia digital marketing yang penting diketahui oleh Anda yang sudah mengawali bisnis startup.


1. Media sosial sebagai brand awareness

Penggunaan media sosial telah tidak asing lagi di dalam digital marketing. Disamping sebagai suatu wadah promosi, fungsi media sosial untuk bisnis Anda yaitu sebagai brand awareness atau kesadaran merek.

Pengguna media sosial yang bejibun dan terus bertambah ini tentunya menjadi lahan subur, khususnya untuk pelaku bisnis startup guna menjalankan strategi marketing secara tertuju. Media sosial tersebut tidak hanya Twitter, Facebook, dan Instagram, tetapi Anda pun penting untuk memperhatikan Linkedin, website, dan media sosial yang lainnya yang bisa dibuka dengan gampang oleh konsumen.


2. Lebih unik lebih baik

Inovasi dalam bidang digital marketing merupakan sebuah keharusan. Inovasi yang dilakukan tidak hanya lebih baik, tetapi yang paling penting ialah menjadi lebih unik yang membuat bisnis Anda mempunyai ciri khas sehingga akan jadi pembeda dengan kompetitor lainnya. Bagi perusahaan startup, menjadi unik tentunya diharapkan bisa membantu usaha Anda lebih dikenal oleh khalayak.


3. Konten kreatif dan edukatif

Konten adalah hal utama dalam digital marketing yang menjadi corong dalam promosi dan beriklan. Perencanaan pembuatan konten ialah salah satu fungsi yang perlu diperhatikan di dalam strategi marketing. Konten yang baik akan sanggup menarik pelanggan potensial untuk melakukan pembelian produk dan jasa yang Anda pasarkan sehingga bisa menaikkan omset penjualan usaha Anda. Konten yang kreatif bukan hanya fokus pada promosi, tetapi pula untuk mendidik (melakukan edukasi) kepada pelanggan..


4. Search Engine Optimization

Gunakanlah SEO (Search Engine Optimization) untuk membuat website Anda ada pada peringkat teratas saat calon konsumen mencari mengenai bisnis Anda. Perlu dimengerti kalau website yang baik dan konten yang bagus saja tidaklah cukup menyebabkan visitor datang secara otomatis. Pasalnya tidak sedikit pebisnis lain pun melakukan hal yang serupa dengan menjadikan website yang barangkali jauh lebih baik dari website milik Anda.

SEO dibutuhkaan sekali untuk menaikkan trafik kunjungan ke website Anda. Dengan begitu, pemanfaatan SEO ada hubungannya dengan konten yang ada dalam website Anda. Semakin sering Anda mempublish konten kreatif yang dibuat dan memakai SEO untuk menaikkan trafiknya, maka akan banyak juga pengunjung ke website Anda.


5. Influencer Marketing Campaign

Influencer marketing adalah cara berpromosi dan menjalankan iklan yang dilakukan oleh orang orang yang mempunyai pengaruh dan memilki banyak pengikut atau follower di jagat internet. Cara ini dilancarkan sebagai salah teknik pemasaran dari mulut ke mulut.

Influencer marketing sekarang banyak dipakai sebagai salah satu sarana dalam pemasaran digital. YouTuber, selegram, dan artis professional yang umumnya jadi ikon influencer marketing ini bisa mempromosikan dan mengedukasi produk bisnis Anda dengan memberikan kesan yang positif dan baik kepada para follower atau pengikutnya. Pada umumnya, semakin banyak follower-nya maka akan memberi pengaruh pada jangkauan promosi serta harga yang ditawarkan.

Untuk Anda yang sedang memulai bisnis startup, memakai influencer marketing selaku salah satu cara mengembangkan bisnis Anda barangkali dapat dipertimbangkan. Asalkan mesti memperhatikan hal - hal berikut. Pilih influencer yang cocok terhadap produk dan jasa Anda. Pilih influencer yang dapat dipercaya dan mempunyai followers banyak supaya jangkauannya lebih luas serta mempunyai backlink berkualitas yang akan menunjang memulihkan performa SEO Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar