6 Cara Memasarkan Produk Secara Online, Mudah dan Murah - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Rabu, 21 Juli 2021

6 Cara Memasarkan Produk Secara Online, Mudah dan Murah


Salah satu penyebab penting yang membuat suatu usaha atau bisnis akhirnya bangkrut adalah tidak tersedianya anggaran untuk menghidupi dan mengoperasikan usaha itu. Umpamanya saja pengeluaran lebih besar ketimbang dengan pemasukan. Padahal perlu untuk suatu usaha guna dapat menghasilkan pendapatan lebih besar daripada pengeluarannya. Dan pendapatan yang tinggi pastinya tidak dapat terlepas dari upaya pemasaran produk yang baik.

Pemasaran produk yang baik berbentuk barang ataupun jasa sebaiknya jangan cuma terpaku dengan cara offline saja. Pemasaran online pun dapat menjadi alternatif lain yang memiliki peluang besar untuk suatu usaha di zaman digital seperti sekarang. Konsumen pun kian tertarik untuk mencari dan menemukan produk ataupun jasa secara online dengan beragam kemudahan yang ditawarkannya.

Cara memasarkan produk secara online sebetulnya bukanlah hal yang susah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk para pebisnis pemula, asal saja mau belajar. Budget yang diperlukan juga hampir tanpa modal usaha. Cukup memakai sebuah unit PC atau laptop dan langganan internet realtime selama 24 jam, pelaku bisnis telah dapat memasarkan produknya dengan cara online.

Anda memiliki usaha yang aktivitas utamanya menjual sebuah produk? Akan tetapi Anda ingin produk Anda tersebut lebih dikenal lebih luas lagi ketimbang memasarkan produk secara offline yakni dengan memasarkan produk - produk tersebut secara online? Kali ini kita akan mencoba mengulas bagaimana caranya memasarkan produk secara online yang baik dan tepat.


Berikut ini 6 cara memasarkan produk secara online.

1. Milikilah Website atau Situs

Inilah yang paling penting, fungsinya ialah tempat berlindung produk Anda di internet. Calon konsumen akan melihat-lihat dan mempelajari produk Anda di halaman website.  Pada website Anda tersebut akan ditampilkan informasi lengkap produk Anda, cara pemesanan/order, cara melakukan pembayaran, dan informasi penting yang lainnya.

Dengan mempunyai sebuah website yang fokus terhadap produk Anda merupakan nilai tambah khusus ketimbang dengan rival Anda yang tak mempunyai website resmi sendiri.


2. Gunakan Sosial Media

Disamping website, pemakaian sosial media yang aktif pun akan amat berpengaruh pada pemasaran produk yang anda tawarkan. Anda bayangkan bila anda ingin membeli sebuah produk dari sosial media, tetapi akun itu telah tidak aktif lagi atau update terakhirnya satu tahun yang lalu? Masih akankah membeli? Tentunya tidak lantaran Anda akan merasa takut terkena tipu.

Supaya lebih gampang, Anda bisa memilih salah satu tools untuk mengelola sosial media seperti Bufferapp atau Hootsuite. Tools tersebut bermanfaat untuk Anda dalam memposting satu konten langsung terhubung dengan beberapa akun sosial media Anda seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya. Anda pun bisa menjalankan penjadwalan posting sehingga Anda bisa membuat beberapa konten sekaligus kemudian konten itu dapat Anda atur kapan waktu penayangannya. 


3. Promosikan dengan Iklan Online

Cara berikutnya ialah dengan menggunakan tools yang tersedia pada media sosial paling besar sekarang ini yakni Instagram dan Facebook. Anda akan dijamin memperoleh calon konsumen atau pelanggan pasti sebab sasarannya bisa Anda pilih menurut kehendak Anda yang tentunya para pengguna produk itu. Anda bisa mengatur anggaran menurut keperluan Anda dan bisa diatur kapan waktu penayangannya.


4. Dipromosikan dengan Akun Terkenal

Cara ini kurang direkomendasikan sebab sasarannya belum tentu tepat dan biayanya beragam dari yang ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Pada umumnya bergantung dari banyaknya jumlah follower (pengikut) akun itu. Tetapi beberapa produk barangkali akan amat efektif bila memakai cara yang satu ini.


5. Gunakanlah tools untuk analisis

Berikut adalah tools analisis yang berguna untuk pemasaran produk dengan cara online:

Google Analytics, dengan menggunakan tools yang satu ini Anda akan memperoleh data komplit pengunjung website Anda, mulai lokasi mana, teknologi yang dipakai, usia, jenis kelamin, halaman yang mana saja yang banyak dikunjungi, dan masih banyak lagi lainnya. Sekarang belum ada tools analisis untuk website yang sebagus Google Analytics.

Google Trends, dengan memanfaatkan tools ini Anda bisa menganalisa tren apa saja yang tengah hangat-hangatnya yang berhubungan dengan produk jualan anda. Anda bisa memakai tren ini untuk membuat sebuah promosi khusus.


6. Tools untuk Desain

Barangkali tak semua orang mempunyai kemampuan terhadap desain. Akan tetapi sudah hadir tools atau alat mudah bagi siapapun yang ingin membuat desain untuk memasarkan berbagai produknya di media sosial. Ukuran yang diberikan pun telah sesuai dengan Facebook, Instagram, dan media sosial yang lain.

Tools itu adalah canva. Canva telah menyediakan stok template yang banyak sekali serta keren dan unik, Anda bisa mengubahnya dengan tulisan khusus, dengan jenis huruf yang Anda senangi, menambahkan foto-foto atau gambar sendiri, dan masih banyak lagi yang lainnya. Alat desain yang amat tangguh untuk menunjang pemasaran produk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar