6 Hal Mendasar untuk Strategi Digital Marketing yang Ampuh - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 23 Juli 2021

6 Hal Mendasar untuk Strategi Digital Marketing yang Ampuh

 

Dunia bisnis dan internet selalu tumbuh dari tahun ke tahun dengan hadirnya beragam macam produk dan inovasi baru. Tetapi, dari demikian banyaknya produk dan inovasi itu, ada taktik digital marketing yang harus diaplikasikan supaya bisa bersaing dengan para pesaing.

Strategi digital marketing yang ampuh dapat amat menentukan keberhasilan Anda dalam meraih beberapa tujuan kampanye, terlebih dalam ekosistem digital yang demikian dinamis ini. Para pebisnis yang bermain juga dituntut untuk mesti dapat mengantisipasi semua kemungkinan yang bisa terjadi. Dalam ulasan kali ini, kita mencoba memberikan enam hal mendasar untuk melakukan kampanye digital marketing secara ampuh.


6 Hal Mendasar untuk Strategi Digital Marketing yang Ampuh

Perencanaan

Anda harus mengadakan perencanaan konten secara apik supaya beberapa tujuan kampanye tercapai atau minimal tak mengecewakan. Anda dapat memulai dengan merencanakan strategi digital marketing dari memilih audiens yang akan dijadikan sasaran/tujuan. Selain, perlu juga untuk mengukur kinerja usaha yang Anda jalankan sehingga tujuan-tujuan yang ingin diraih pun dapat ditentukan secara nyata.

Lantas Anda perlu menganalisis data tentang audiens yang akan Anda sasar. Untuk ini, unsur yang digunakan pun lumayan luas. Misalnya, bisa dari seringnya audiens dalam menggunakan internet, website favorit, saat aktif bermedia sosial, dan lain sebagainya.

Mengenali segmentasi seperti ini saat membuat perencanaan akan amat membantu Anda dalam menentukan konten marketing yang pas. Misalnya, bila segmentasi Anda adalah kaum muda milenial, akan lebih jitu bila Anda menjalankan kampanye di Snapchat, Instagram atau Instagram Stories.


Jadwal

Bila media sosial merupakan platform penting dari strategi digital marketing Anda, maka butuh diingat kalau setiap platform mempunyai karakteristiknya khusus. Misalnya Instagram, dulu tampilan feed-nya berdasarkan kronologis dan sejak 2016 lalu berganti jadi berbasiskan algoritma.

Hal ini berarti yang akan muncul saat Anda membuka Instagram adalah feed posting terakhir atau terbaru dan yang terkait dengan minat dan hubungan Anda. Bila begitu, Anda tentunya harus mencari waktu yang pas saat para pengguna login ke akun IG mereka.


Kata Kunci (Keyword)

SEO memang merupakan salah satu aspek utama dalam konten digital. Salah satu langkah untuk mengoptimalkan SEO yakni dengan menggunakan keywords atau kata kunci yang tengah tren atau amat umum digunakan. Tetapi, penting diketahui kalau konten berkualitas rendah pun dapat memberi pengaruh pada brand/merek yang tengah Anda bangun.

Ada beberapa kejadian saat kata kunci yang sedang nge-tren digunakan hanya untuk mendongkrak konten ke permukaan. Saat ditelusuri nyatanya konten itu tidak memenuhi standar audiens dan malahan  tidak cocok dengan kata kunci.

Kata kunci dalam dunia digital memang vital. Namun, konten yang ditampilkan pun memengaruhi bagaimana audiens atau pelanggan menggambarkan brand Anda. Oleh karena itu, lakukan riset terlebih dulu sebelum memilih kata kunci dan pastikan relevan dengan konten yang dibuat. Pastikan Anda menggunakan Alt tags, meta deskripsi, dan mencantumkan nama file pada video dan foto.


Ragam Konten

Bertambahnya pengguna internet dan media sosial di Indonesia membuka kesempatan luas bagi pemasar untuk menyasar lebih banyak audiens. Dengan ciri khas media sosial yang beragam, maka hal yang butuh dipikirkan saat merencanakan strategi kampanye ialah visi multi-platform.

Penyatuan konten ke beragam saluran media sosial sudah menjadi tren marketing saat ini. Potensi audiens yang dapat menjadi sasaran pun akan lebih bervariasi. Komunitas, eksekutif, ibu rumah tangga, kaum milenial, semua segmentasi itu mempunyai pilihan tersendiri.

Konten pun tidak selamanya diberikan dalam bentuk foto dan video seperti biasanya. Anda pun dapat mendesain konten dalam format meme, white papaer, info grafis, e-book, dan ide ide kreatif lainnya.


Cek Strategi

Amatilah bagaimana strategi Anda berjalan. Dari pengamatan ini Anda dapat melihat bentuk yang unik dari setiap platform. Mungkin konten Anda di Facebook lebih banyak diberi komentar daripada di LinkedIn atau konten di Instagram mendapatkan engagement lebih baik daripada di Twitter.

Tak ada satu resep untuk seluruh jenis makanan, demikian juga dengan kampanye digital marketing. Cermati lantas rencanakan strategi digital marketing Anda selanjutnya dengan memperhitungkan beberapa catatan pada hasil riset terdahulu. Dengan demikian, Anda sudah berupaya mengoptimalkan seluruh potensi konten Anda yang beragam.


Produktif

Semangatlah untuk terus membuat konten baru. Konten yang dibuat secara teratur dan terus menerus menunjang Anda mendapatkan follower/pengikut dan nama baik sebagai pakar dalam ranah digital marketing.

Tetapi, sesudah berbagai tujuan tercapai, sangat wajar kemudian timbul kemandekan dalam produktivitas. Saat fase ini muncul, perlu untuk diingat bahwa merek/brand yang stagnan membuat konten berpotensi kehilangan follower dalam tempo yang cukup singkat. Untuk mengantisipasinya Anda sebaiknya membuat kalender strategis untuk mengatur tema konten mingguan, bulanan, 3 bulanan, semester, dan seterusnya.

Demikianlah 6 hal mendasar untuk strategi digital marketing yang ampuh. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar