7 Jenis dan Contoh Digital Marketing Supaya Bisnis Lebih Maju - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 23 Juli 2021

7 Jenis dan Contoh Digital Marketing Supaya Bisnis Lebih Maju

 

Teknologi saat ini kian canggih. Digital marketing menjadi hal yang utama untuk mengembangkan bisnis di zaman pemakaian internet sekarang.

Secara simpel, digital marketing ialah cara atau teknik cara dalam aktivitas pemasaran dan promosi suatu produk atau brand yang menggunakan media digital bahkan internet supaya usaha atau bisnis dapat berkembang lebih pesat lagi. Hal ini tentu saja bisa menarik pelanggan atau calon pelanggan secara singkat.

Jika tujuan pasar Anda adalah orang yang terkoneksi langsung dengan sosial media dan internet, maka digital marketing merupakan langkah yang jitu. Hal ini lantaran mempunyai keunggulan jangkauan yang luas, majemuk, menyebar secara cepat, ditambah mempermudah menjalankan penilaian.


Berikut ini jenis - jenis dan contoh digital marketing supaya bisnis berkembang dan lebih maju yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. SEM (Search Engine Marketing)

Search engine marketing adalah suatu upaya untuk meletakkan website bisnis atau perusahaan Anda ada pada halaman pertama mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan mudah ditemui oleh mesin pencari, khususnya Google.

SEM mempunyai 2 jenis yaitu organik dan non-organik. Jenis organik umumnya dikenal sebagai SEO (Search Engine Optimization), cenderung lebih murah malah bisa dikerjakan sendiri secara gratis. Akan tetapi memerlukan waktu yang lebih lama sebab butuh analisis yang tepat, kreatif membuat konten tulisan, dan bertujuan untuk pemodalan jangka panjang. Sementara itu jenis non-organik ialah SEM (Search Engine Marketing). Tetapi berbayar walau jauh lebih cepat untuk menjadikan website Anda ada di peringkat paling atas halaman Google.


2. PPC (Pay Per Click)

PPC merupakan salah sebuah digital marketing yang popular dengan cara beriklan pada sebuah platform dimana advertiser (pemasang iklan) cuma membayar jika ada yang meng-klik iklannya. Contoh PPC misalnya Google AdWords, FB ads, Instagram Ads dan lain sebagainya. Sebetulnya ada pula selain PPC yaitu model Pay Per Mile Impression (PPM) dimana pemasang iklan akan membayar setiap kemunculan iklannya, umumnya per seribu kali kemunculan.


3. Konten Marketing

Konten marketing adalah cara pemasaran yang terpusat pada pembuatan dan penyebaran konten. Konten yang bersifat relevan dan konsisten supaya dapat menarik dan bisa menjaga konsumen atau pelanggan yang telah ditetapkan sebagai sasaran pasar Anda. Misalnya dapat dengan mengirimkan pesan melalui e-mail ke pelanggan/konsumen dan publish konten di website. Konten atau isi pesan itu berusaha supaya dapat menambah ketertarikan pasar.


4. Social Media Marketing

Media sosial merupakan alat publik untuk saling berhubungan, berbagi informasi, dan kebutuhan lainnya. Bahkan saat ini semakin banyak pelaku usaha yang memaksimalkan media sosial selaku alat promosi usaha/bisnis mereka.

Ditambah beberapa platform sosial media seperti Linkedin, Instagram, Facebook, Twitter, YouTube dan lain-lain. Hal ini bertujuan supaya dapat menjadikan penyebaran informasi lebih luas kepada orang banyak, lebih cepat, serta bisa dijalankan dengan biaya sedikit, bahkan cuma-cuma.


5. Audio Visual/Video Marketing

Video marketing adalah media kreatif untuk memperkenalkan produk/jasa Anda yang bisa dibuat seperti hal nyata sampai animasi dua dimensi/2D dan tiga dimensi/3D. Video marketing merupakan salah satu langkah yang ampuh dalam memberikan informasi tentang merek/brand, produk/barang, atau jasa yang Anda buat/miliki.

Fungsinya dapat sebagai Video Company Profile yang menggambarkan bisnis Anda, menerangkan cara kerja produk dan penerapannya, menampilkan testimoni para pelanggan, dan ulasan mereka pada bisnis Anda.


6. Email Marketing

Email marketing merupakan pemasaran yang diselenggarakan dengan memakai email sebagai sarananya. Hal ini dapat Anda lakukan ketika telah membuat daftar pelanggan dari website, maka email marketing jadi upaya promosi seterusnya guna mempertahankan calon pelanggan itu dibuat tertarik untuk memesan produk atau menggunakan jasa Anda.

Dengan email marketing ini Anda bisa menyajikan informasi yang terbaharui sekitar program promosi yang tengah berjalan maupun mengenalkan produk/jasa terbaru Anda. Pelanggan akan merasakan jadi bagian dari merek/brand yang mereka banggakan dan kian menambah minat  hingga mereka loyal terhadap produsen.


7. Promosi Media Cetak

Pemasaran dengan penggunaan media cetak ini adalah penyesuaian terhadap target pasar khusus sebab tidak seluruh orang dapat mengakses sosial media. Maka dari itu, promosi cetak masih menjadi hal yang utama untuk bisnis/usaha Anda. Anda dapat membuat promosi melalui media cetak untuk lebih meyakinkan dengan kolaborasi teknologi sekarang.

Misalnya kartu nama yang merupakan salah satu hal vital yang perlu Anda miliki, apapun bidang usaha/bisnis Anda. Hal itu akan mempermudah para calon mitra bisnis Anda, menyimpan nomor kontak, mengunjungi website/situs Anda, sosial media ataupun untuk menghubungi layanan Anda kapan-kapan mereka membutuhkannya.

Demikianlah jenis dan contoh digital marketing yang harus Anda pelajari supaya bisnis berkembang dan lebih maju. Perbanyaklah riset dan pahami materi digital marketing paling baru atau dengan fitur terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar