6 Strategi Konten Online Marketing Ini Bikin Bisnis Meningkat - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Rabu, 21 Juli 2021

6 Strategi Konten Online Marketing Ini Bikin Bisnis Meningkat

 

Di zaman canggih seperti saat ini, segala hal telah berbasiskan online. Salah satu teknik atau strategi yang umum dipergunakan ialah online marketing. Online marketing merupakan sebuah metode pemasaran yang dilakukan di jagat maya lewat internet. Biasanya perusahaan memakai website untuk menampilkan profil perusahaan dan rincian produk-produk yang dipasarkan. Namun sekarang sistem online marketing telah berkembang. Tidak sedikit perusahaan yang menjual produknya melalui email maupun sosial media. Semua jenis marketing (pemasaran) yang memakai jaringan internet masih tergolong ke dalam jenis online marketing.

Menginjak tahun 2019, tren online marketing banyak berubah dan memerlukan strategi paling baru untuk menangani berbagai rmasalah pemasaran. Hal ini terjadi lantaran masyarakat mulai teredukasi secara baik pada beberapa channel marketing yang sekaligus pula permintaan mereka yang semakin meningkat atau tinggi. Merespon hal ini, Anda tidak perlu bingung lantaran kemajuan teknologi saat ini semakin menunjang kalangan pemasaran (marketing), bahkan buat Anda yang baru akan memulai.

Marketing online atau online marketing merupakan suatu usaha untuk memasarkan suatu produk atau layanan/jasa lewat media online dan channel digital. Kini ada banyak sekali upaya yang dapat ditempuh, misalnya memasarkan produk atau jasa lewat email, lapak online, aplikasi, media sosial, website dan lain sebagainya. Beragam jalan ini juga dapat saling dipadukan untuk meluaskan pangsa pasar.

Konten marketing adalah salah satu strategi di dalam online marketing. Konten marketing lebih dari hanya membuat, mendistribusikan dan membagikan konten pada audiens, menghasilkan leads, atau menaikkan nilai brand. Melihat pada Content Marketing Institute menyatakan bila para marketer B2B menghabiskan 40 persen anggarannya untuk konten marketing pada 2018, naik 1 persen ketimbang tahun 2017. Hal ini menandakan konten marketing merupakan aspek yang amat penting dilakukan di zaman ini dan untuk membuat konten online marketing yang menarik berikut ini langkah-langkahnya.


Menentukan target audiens

Tentukan terlebih dahulu audiens mana yang akan menjadi konsumen konten itu, untuk cakupan berapa orang konten itu sekaligus bagaimana jenis audiens itu.


Solusi masalah

Secara ideal sebuah konten ditujukan untuk menyajikan solusi dari masalah-masalah yang dimiliki oleh audiens. Misalnya konten tentang rambut rontok, maka solusi yang diberikan adalah produk perawatan anti rontok. Konten itu akan merangsang audiens kian menjadi bagian dari produk/layanan kita lantaran mempunyai persoalan yang dapat diatasi dengan produk itu.


Produk unik

Keunikan atau keistimewaan dari konten produk yang Anda buat mesti tersedia dalam setiap pemasaran konten atau produksi. Hal yang unik seperti perbedaan dari produk lain yang serupa dari sisi harga, isi, atau bundling yang diikutkan di dalamnya. Memperlihatkan keunikan pada tiap-tiap konten merupakan salah satu strategi online marketing yang paling esensial.


Format penyajian konten

Format penyajian konten pun mesti disiapkan terlebih dahulu. Apakah nantinya akan menggunakan media foto, infografis, video, atau blog post. Tiap-tiap media mempunyai kelebihan tersendiri untuk setiap demografi. Sebaiknya dalam memasarkan konten, seorang internet marketer mempunyai seluruh format ini untuk menjalankan tes.


Pilih channel

Setelah mempunyai jenis konten yang akan dibuat, berikutnya adalah menentukan pada channel mana konten itu akan disebarluaskan. Misalnya konten untuk dipasarkan di Facebook tentunya akan berbeda dengan di Twitter, terlebih konten untuk Instagram. Umumnya channel Twitter memerlukan konten berbentuk tulisan singkat yang dapat menarik audiens. Sedangkan Facebook atau Instagram lebih cenderung ke infografis dan video yang dapat menyajikan pesan berbentuk visual dan suara.


Mengelola produksi dan publikasi

Tentukan bagaimana mengelola produksi konten ini. Misalnya siapakah kreator yang akan memproduksi konten itu, bagaimana konten beserta pesannya dipublikasikan dan ditayangkannya mulai kapan.

Berubahnya teknik pemasaran dari offline kepada online memang tidaklah mudah, perusahaan mesti menyediakan segala hal yang berhubungan dengan digital marketing seperti SDM (Sumber Daya Manusia) dan faktor yang lainnya guna mendukung taktik pemasaran.

Digital Marketing memang bisa dijalankan oleh semua orang dan semua perusahaan apa saja, namun tidak semuanya bisa sukses. Hal ini ditentukan oleh seberapa kita mengerti strategi  online marketing. Akan tetapi kadang kala ada kendala - kendala yang jadi penghambat strategi online marketing.

Saat ini, online marketing telah merupakan salah satu taktik para pengusaha. Online marketing relatif mudah dilakukan saat kita mempunyai tujuan yang sudah ditentukan sedari awal. Dengan penggarapan simpel dan sedikit anggaran pun sesungguhnya masih dapat menjalankan online marketing yang memberikan keuntungan asalkan melakukan beberapa strategi yang telah ditentukan sebelumnya.

Teapi ingat, hal ini belum pasti membuat jualan atau usaha Anda langsung laris manis karena tetap mutu atau kualitas produklah yang akan menentukannya. Sekeras apa pun usaha online marketing Anda bila tidak dibarengi dengan kualitas produk yang bagus tentu saja tidak akan laku juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar