6 Tips untuk Meningkatkan Peluang SEO pada Website WordPress Anda - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Sabtu, 24 Juli 2021

6 Tips untuk Meningkatkan Peluang SEO pada Website WordPress Anda

 

Siapa yang tak ingin website-nya ada pada ranking pertama Google? Disamping sebagai jati diri sebuah perusahaan ataupun pribadi, website pun memiliki peran untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin. Tujuannya supaya mendapatkan banyak keuntungan. Nah, untuk mencapai tujuan itu, Anda mesti mengenal SEO (Search Engine Optimization). Ini merupakan upaya supaya Anda dapat bersaing dengan website lain.

Google adalah salah satu mesin pencarian terbaik. Minimal 90% trafik yang terdapat di website masuk ke dalam situs Anda. Disamping fokus pada search engine Google, kita akan mengulas pada platform WordPress. Kecuali mudah menjalankan edit, Anda pun dapat memilih tema yang sesuai dan mobile friendly.

Berikut ini 6 tips untuk meningkatkan peluang SEO pada Website/Blog WordPress.


Fokus Website

Jangan segera merasa terintimidasi saat melihat website lain yang memiliki ribuan atau ratusan ribu pengunjung. Fokuslah pada apa yang ingin Anda peroleh. Misalnya, Anda memiliki jasa cuci sepatu. Tentunya Anda tidak usah repot-repot untuk menulis artikel mengenai jual sepatu.


Lihatlah Pesaing

Anda mesti melihat pesaing. Di luaran sana, Anda tentunya tidak sendirian dalam membuka layanan jasa cuci sepatu misalnya. Jadi, buatlah daftar pesaing dan cari tahu cara mereka menarik pengunjung. Apakah mereka berkunjung lantaran media sosial? Ataukah karena konten tulisan? Bila memang karena dari artikel, lihatlah apa saja kata kunci yang masuk dari sana.


Gunakan Google Analytics

Google Analytics merupakan sahabat-nya SEO. Peran penting dari Google Analytics ialah mencermati trafik yang masuk dalam website Anda. Misalnya Anda telah membangun website selama 6 bulan, lalu trafik yang masuk dalam website tidak demikian baik. Anda dapat melihat penampilan website itu dari Google Analytics, apakah kata kunci yang telah Anda posting sebelumnya berhasil ataukah tidak.

Kemudian lakukanlah evaluasi pada Google Analytics sebanyak 3 bulan sekali. Jadi, sebelum Anda menyusun suatu strategi bulanan, Anda mesti melihat data dari hasil analisa Google Analytics. Direkomendasikan Anda mesti fokus pada pembuatan artikel panjang dengan rasio perbandingan 70:30. Sesudah Anda menjalankannya lebih dari 1 tahun, maka Anda dapat mengubah perbandingannya menjadi 50:50 atau bahkan 40:60 lebih banyak tulisan/artikel pendek.

Setelah itu Anda fokus pada artikel yang paling banyak di-share atau dilihat. Dari tulisan itu, Anda dapat melihat kalau kata kunci itu mesti ditulis lagi lebih banyak.


Website Harus Mobile Friendly

Google telah memberikan pengumuman sejak tahun 2018 bahwa website/blog mesti lebih mobile-friendly. Bahkan Google akan mengutamakan website yang ramah dengan perangkat mobile dan mudah saat dibuka. Saat ini Google pun memiliki fitur Accelerator Mobile Page. Fitur ini menjadikan sebuah website dapat lebih ringan ketimbang sebelumnya. Bahkan image yang ada dalam website AMP ini dapat terbuka langsung sesudah visitor menjalankan scrolling.

Bagi pengguna website/blog berbasis WordPress, Anda tidak usah cemas lantaran tidak sedikit tema maupun plugins yang dapat mengubah website Anda lebih ramah perangkat mobil. Plugins Yoast SEO dan All in One SEO Pack misalnya, dapat mengubah mobile-friendly website/blog milik Anda secara lebih cepat.


Gunakan Link Masuk/Internal Link dan Link Keluar/Eksternal Link

Anda dapat memanfaatkan link masuk dan link keluar. Maksudnya ialah Anda dapat menyisipkan alamat/URL link sumber di dalam sebuah artikel/tulisan. Jadi, saat di-klik, link itu  akan mengarahkan Anda ke website yang jadi sumber artikel tersebut. Bahkan bila memungkinkan, Anda pun dapat memasukkan 3-4 link di dalam tulisan yang jumlah katanya hingga 1000 kata. Bila tulisan Anda jumlah katanya cuma di bawah 500, Anda cukup menyematkan 1 link saja. Secara logis, tulisan yang memiliki sumber referensi merupakan tulisan yang bagus.

Lantas untuk link keluar/eksternal link merupakan upaya yang dapat dilakukan supaya website Anda memiliki referral. Cara-cara yang dapat dilakukan untuk memperoleh link keluar ialah masuk dan aktif dalam berbagai forum, website Q&A seperti Quora, dan meletakkan tombol share di dalam website milik Anda.


Gunakan iklan

Barangkali Anda bersama team kerja telah berupaya sekuat-kuatnya untuk menaikkan trafik website lewat SEO dengan cara organik. Tetapi, sayangnya Anda tidak cepat mendapatkan hasil yang diharapkan. Disinilah Anda dapat memikirkan untuk memakai iklan Google AdWords.

Google AdWords dapat digunakan untuk meningkatkan trafik yang perannya akan baik sekali bagi SEO. Meskipun demikian, Anda mesti menyediakan dana yang lumayan untuk Google AdWords. Untuk tahap awal, Anda dapat menggunakan anggaran 450.000-500.000 selama 2 bulan. Bila benar-benar trafik naik pesat dan mempengaruhi omset penjualan, tentunya Anda dapat meningkatkan lagi anggarannya.

Menaikkan trafik website dengan platform WordPress memang relatif menantang, namun sama sekali tidak mungkin dijalankan. Keenam tips untuk meningkatkan SEO di atas dapat coba Anda lakukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar