7 Cara Terbaru Strategi Pemasaran Lewat Internet Marketing - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Senin, 26 Juli 2021

7 Cara Terbaru Strategi Pemasaran Lewat Internet Marketing

 

Suatu usaha atau bisnis yang mengandalkan keberadaannya terhadap jual-beli barang/jasa apa saja jenisnya, butuh menjalankan pemasaran. Tetapi, besar dan kecilnya usaha promosi tersebut berbeda diantara satu perusahaan/industri dengan perusahaan lainnya, bahkan antarpasar yang mempunyai tingkat persaingan dan segmen konsumen yang berlainan. Dalam perkembangannya, strategi pemasaran sudah menjalani berbagai perubahan.

Beragamnya pilihan produk untuk konsumen menjadikan konsumen relatif memilih produk yang paling sesuai bagi dirinya dan hal itu menuntut produsen untuk tidak cuma memproduksi satu produk untuk semua orang namun pula membuat produk menurut kebutuhan segmen pasar khusus. Sejalan dengan hal tersebut strategi promosi juga beralih dari promosi yang ditujukan buat masyarakat luas ke promosi yang ditujukan pada segmen pasar khusus atau individu khusus (direct promotion).

Selanjutnya dengan dikembangkannya teknologi dan jaringan internet, maka turut bermunculan beragam konsep bisnis baru, tergolong di dalamnya konsep e-commerce yakni jual beli barang/jasa lewat internet. Konsep baru itu menggantungkan keberhasilannya dari pembelian barang/jasa yang dilakukan oleh pengunjung internet sehingga munculah suatu konsep melakukan promosi melalui media elektronik, terutama internet yang dikenal dengan sebutan internet marketing.

Berbeda dengan sistem pemasaran konvensional yang umumnya bersifat pasif (informasinya satu arah), internet marketing bersifat aktif sehingga internet marketing memungkinkan konsumen melakukan interaksi dengan produsen atau pemasar lewat iklan. Contoh ini bisa dilihat dari iklan banner yang dipajang pada website pencari yang terkoneksi dengan website penjual sehingga konsumen bisa langsung melakukan interaksi dengan penjual/prodesen cuma dengan meng-klik iklan itu. Iklan di internet bisa diselaraskan dengan keperluan konsumen. Hal ini nampak pada media, seperti keyword banner yang nongol menurut kata pencari yang diketik pada kolom pencarian.


Manfaat dan Keunggulan Beriklan di Internet

Internet marketing memperoleh sambutan yang lumayan luas dari masyarakat bisnis, khususnya di negara maju yang basis konsumen dan pengguna internetnya relatif besar. Sambutan yang cukup tinggi itu tidak lepas dari kegunaan dan kelebihan yang bisa didapat dari berpromosi di internet.


Jenis Promosi di Internet

Promosi yang ada di internet banyak sekali jenisnya, tetapi untuk memudahkannya jenis promosi di internet dikategorikan sebagai berikut.


Search Engines

Website pencarian yang memberikan fasilitas pencarian website atau produk yang dijual di internet. Website tersebut bisa digunakan dengan melakukan registrasi alamat website di website pencarian, seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya. Tinggi atau rendahnya peringkat berdasarkan pada konsistensi dan kepopuleran website itu.


URL Linking

Sebuah teknik promosi dengan membuat link (link buliding) dengan website lainnya atau dengan meregistrasi alamat URL website Anda ke website direktori seperti MSN, Yahoo dan sebagainya.


Viral Promotion

Teknik promosi ini mirip promosi dari mulut ke mulut, namun di internet. Promosi tersebut dilakukan dengan cara menampilkan iklan teks yang sering berisi link mengarah ke website/katalog pada tiap tiap e-mail yang dikirim ke konsumen/pelanggan atau mitra bisnis, bahkan ada pula yang menyisipkannya pada artikel/publikasi atau perangkat lunak yang bisa diunduh dengan gratis dari website Anda.


Public Relation

Sebuah cara mengenalkan produk/jasa atau website secara cepat dan menarik pengunjung atau pembeli sebanyak mungkin adalah dengan mengumumkannya di banyak publikasi online memakai jasa News Release Service yang ada di internet.


E-Mail Publishing

Sebuah teknik melakukan promosi melalui e-mail dan pengusaha mengirimkan e-mail kepada calon pembeli potensial dan merayu mereka untuk berkunjung ke website-nya dan membeli produk/jasa yang ditawarkannya. Promosi melalui e-mail itu umumnya diawali dengan menyarankan pelanggan/pengunjung mendaftarkan diri pada news letter atau kelompok diskusi (discussion group) untuk mendapatkan alamat e-mailnya.


Networking

Sebuah teknik promosi melalui internet dengan menggunakan hubungan yang dibina bersama calon pelanggan dan mitra bisnis. Cara tersebut bisa dicapai lewat perilisan serta pengembangan mailing list maupun discussion group.


Paid Advertising

Sebagian besar dari teknik itu bisa dilakukan dengan budget yang cukup murah, tetapi keefektivannya juga cukup terbatas. Jika teknik itu tidak mencukupi untuk menarik jumlah pengunjung yang berarti, seorang pebisnis bisa memakai sarana promosi yang bersifat komersil, diantaranya:

  • Iklan Banner yang dipasang di halaman website terkenal dengan tarif menurut hitungan atau biaya per 1000 tayang. Kita mengenalnya dengan istilah CPM atau Cost Per Mile impressions. Umumnya buayanya berkisar kira-kira 1-10 USD untuk konsumen umum dan 35-50 USD untuk segmen konsumen khusus.
  • Listing pada portal website terkenal seperti Lycos atau MSN. Mengenai hal ini tarifnya bisa bersifat persentase atau flat.
  • Iklan pada e-mail newsletter ini dipajang di setiap e-mail newsletter yang dikirimkan kepada para langganan sebuah newsletter. Biaya tarif pasang iklan di media ini cukup murah.

Demikianlah 7 cara terbaru strategi pemasaran lewat internet marketing untuk meningkatkan omzet penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar