Cara Menggunakan Instagram Insight untuk Kemajuan Bisnis - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Senin, 26 Juli 2021

Cara Menggunakan Instagram Insight untuk Kemajuan Bisnis


 Apakah Anda telah memiliki akun instagram bisnis? Bila sudah, Anda dapat melihat fitur insight atau biasa disebut dengan “Instagram Insight” lewat aplikasi instagram.

Apa Itu Instagram Insight?

Instagram Insight merupakan fitur Instagram yang menyediakan beragam informasi tentang konten yang Anda posting, mengetahui berapa banyak interaksi yang berlangsung pada akun Instagram Anda, serta mengetahui data diri pengikut atau follower seperti jenis kelamin, usia, dan geografi.

Terdapat tiga menu yang ada pada Instagram Insight, yakni:

1. Content

Lewat menu ini Anda bisa melihat informasi tentang konten yang Anda posting. Misalnya mengetahui berapa jumlah orang atau akun yang melihat suatu konten yang Anda posting seperti feed atau  stories, berapa orang yang telah membagikan (share) postingan Anda, berapa jumlah akun yang menyimpan postingan Anda dan informasi konten yang lainnya.


2. Activity

Di sini Anda bisa mengetahui berapa banyak interaksi yang terjadi pada akun bisnis Anda. Misalnya berapa kali follower Anda meng-klik tombol website, berapa banyak jangkauan konten yang Anda posting, berapa kali profil bisnis Anda dikunjungi oleh orang lain, berapa kali follower meng-klik tombol email serta tombol call pada menu kontak.

Disamping itu Anda pun bisa mengetahui berapa banyak akun Instagram yang berhasil dijangkau oleh konten yang Anda unggah dan berapa kali tayangan semua yang Anda dapatkan dari konten yang diunggah tersebut.


3. Audience

Pada menu ini Anda akan mendapatkan berbagai data tentang follower. Misalnya tentang jenis kelamin, usia, dan asal mereka. Anda pun bisa mengetahui kapan waktu follower Anda mengakses akun Instagram Anda, baik jam maupun hari.


Cara Menggunakan Instagram Insight

Ada beberapa cara penggunaan Instagram Insight untuk meningkatkan kinerja sosial media marketing melalui aplikasi Instagram ini yang perlu Anda lakukan:


1. Lihat Identitas dan Asal Follower

Lewat menu Audience, Anda bisa melihat jati diri follower/pengikut seperti jenis kelamin dan usia. Anda pun dapat melihat asal follower Anda berada, seperti kota dan negara.

Dengan diketahuinya berbagai data itu tentunya akan membantu Anda saat ingin memilih target audiens yang lebih tepat untuk meperoleh calon konsumen yang tertuju.


2. Lihat Waktu Akses Follower

Lewat menu Audience, Anda bisa mengetahui kapan waktu follower Anda mengakses Instagram. Dari sini Anda bisa mengetahui jam beserta harinya. Melalui informasi itu Anda bisat menyusun jadwal postingan yang tepat menurut waktu akses mereka.


3. Lihat Kunjungan Profil dan Website

Via menu Activity, Anda bisa mengetahui berapa kali profil Instagram bisnis Anda dikunjungi oleh orang lain dan berapa kali follower/pengikut Anda meng-klik tombol website yang termuat di bio. Pada umumnya informasi itu akan ditampilkan untuk jangka waktu 1 minggu.

Informasi ini bisa Anda gunakan untuk meningkatkan strategi sosial media marketing yang sudah Anda lakukan. Misalnya saat jumlah kunjungan ke website Anda sedikit, maka Anda bisa membuat konten yang menuntun mereka menuju ke website Anda.


4. Lihat Jangkauan Pemirsa (Audiens)

Melalui menu Activity, Anda pun dapat melihat bagian “reach” yang bisa dipergunakan untuk melihat banyaknya audiens yang sudah melihat postingan Anda. Dan di bagian “impressions”, Anda dapat melihat banyaknya postingan, baik itu foto maupun video Anda yang dilihat oleh audiens Anda. Data-data tersebut akan dihitung dalam jangka waktu tertentu, misalnya satu minggu.


5. Lihat Tingkat Engaging Pada Konten

Suatu konten bisa dibilang engaging bila konten itu bisa membuat reaksi yang baik dari follower misalnya like, comment, share, dan save. Entah itu konten feed ataupun stories.

Informasi ini bisa Anda gunakan untuk menaikkan kinerja konten yang Anda buat. Misalnya bila jumlah like atau komen pada postingan Anda sedikit, maka Anda dapat membuat konten yang lebih bermutu lagi.

Anda dapat melihat pada bagian View Insights untuk melihat tingkat engaging konten pada suatu postingan feed.

Lalu untuk melihat taraf engaging konten untuk postingan stories, Anda dapat melihat pada bagian yang bernama insight. Dari sana Anda bisa melihat beberapa informasi seperti story itu telah dilihat orang sebanyak berapa kali, berapa jumlah orang yang telah melihat postingan Anda sampai selesai, berapa banyak orang yang melihat story selanjutnya, dan berapa orang yang telah meninggalkan story itu.

Sementara itu pada menu “content” Anda pun dapat melihat berapa banyak orang atau audiens yang sudah melihat tiap-tiap postingan feed dan stories Anda.

Misalnya Anda dapat melihat angka seperti 29, 101, 120, dan 116. Angka-angka itu merupakan jumlah orang yang sudah melihat tiap-tiap postingan, entah  itu feed ataupun stories.

Demikianlah beberapa cara menggunakan Instagram Insight untuk kemajuan bisnis Anda. Silakan Anda praktikkan dan lihat sendiri hasilnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar