Cari Peluang Bisnis Online Bukan MLM? - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 16 Juli 2021

Cari Peluang Bisnis Online Bukan MLM?

 Apakah Anda mencari peluang bisnis online bukan MLM? Kenapa?

Saya memahami, banyak yang tidak mau menjalankan bisnis dengan konsep MLM. Masalahnya adalah karena sering kali memiliki pemahaman yang salah atau kurang tepat tentang MLM.

Ada baiknya, sebagai orang bijak, Anda memutuskan sesuatu setelah mendapatkan pemahaman yang benar. Mendapatkan informasi dari kedua belah pihak. Ini adil namanya.

Termasuk, jika Anda punya anggapan berdasarkan pengalaman sendiri, apakah yakin semuanya sama rata seperti yang Anda alami.

Sebelum Anda Memutuskan Memilih Peluang Bisnis Online Bukan MLM

Saya tidak akan memaksa Anda. Keputusan bergabung adalah Anda yang menentukan. Sebelumnya, saya ingin menjelaskan, sebagai hak saya untuk menjelaskan, tentang berbagai anggap keliru di bisnis MLM.


Bisnis MLM Halal atau Haram?

Luar biasa. Cocok sekali. Jika Anda takut bisnis MLM itu haram, itu sebuah sikap positif dan sebagai seorang Muslim memang seharusnya mempertimbangkan halal haram. Saya sangat setuju dan salut untuk Anda.

Kembali ke pertanyaan Anda, apakah MLM itu halal atau haram. Jawabannya adalah pada dasarnya bisnis muamalah itu boleh, selama tidak ada dalil yang melarangnya dan tidak melanggar rambu-rambu agama. Setuju?

Semua bisnis juga seperti itu. Dagang di pasar ada yang halal ada yang haram. Buka warung ada yang halal dan haram. Buka toko ada yang halal dan haram. Jualan baju ada yang haram dan halal. Jualan daging ayam ada yang halal dan haram.

Betul?

Begitu juga MLM, ada yang halal dan haram.

Bagaimana menentukan mana yang halal dan haram? Ya, kita perlu mengkaji prakteknya. Misalnya Anda jualan daging ayam, apakah halal atau haram? Tergantung cara Anda dalam praktek bisnis daging ayam. Jika Anda menyembelih ayam tidak sesuai syariah, maka bisnis Anda haram. Jika Anda menyembelih sesuai syariah, maka halal.

Begitu juga MLM, jika praktek-prakteknya sesuai dengan syariah, maka MLM itu in syaa Allah halal. HPAI atau HNI sudah dipastikan sesuai syariah karena mendapatkan sertifikan dari Dewan Syariah Nasional MUI. Juga PT HPAI memiliki Dewan Syariah yang memahami fiqh muamalah.

Memang, diluar sana, ada MLM yang haram, bukan karena konsep MLMnya yang membuat haram. Tapi sistem dan produk mereka yang haram. Jadi tidak bisa disamaratakan.

Jika ada orang yang menganggap sama saja, itu sebuah kedzaliman karena menuduh yang halal menjadi sebagai yang haram.


Tapi Saya Tidak Suka Mencari Orang

Saya memahami maksud Anda.

Pertanyaannya, bisnis apa yang tidak mencari orang? Tidak ada, semua bisnis mencari orang untuk membeli produk atau jasa yang dijualnya. Betul?

Masalahnya adalah mencari orang dan menjual, untuk sebagian orang memang tidak mengenakan dan menakutkan. Saya faham, karena saya pun mengalami hal yang sama. Jujur, saya tidak juga tidak suka sebelumnya.


Persepsi yang Salah

Namun saya menyadari bahwa dasar dari semua bisnis itu berhubungan dengan orang lain, menawarkan sesuatu, mengajak, dan membangun relasi. Saya pernah menjalani berbagai bisnis, tidak ada satu pun tanpa berhubungan dengan orang lain.

Tapi ini beda …

Saya mengerti. Mungkin karena banyak yang salah faham tentang MLM, maka jadi enggan menawarkannya. Takut ditolak. Takut juga dianggap negatif.

Namun sebenarnya … jika Anda melihat beranda Facebook misalnya, berapa banyak teman Anda yang menjalankan bisnis MLM? Entahlah, kalau teman saya banyak dan mereka sudah berani terang-terengan. Kenapa?

Karena masyarakat sudah mulai terbuka dan sudah mulai memahami dengan pikiran jernih. Memang masih ada yang belum faham, tapi banyak orang mulai faham dan bisa menerima bisnis MLM.

Disisi lain, memang ada juga oknum-oknum yang menjalankan bisnis ini dengan cara yang tidak baik. Tapi itu oknum. Oknum tidak mewakili semuanya. Jika ada seorang yang di KTPnya beragama Islam melakukan kejahatan, itu adalah oknum, bukan berarti Islam mengajarkan kejahatan.

Jika ada oknum MLM melakukan praktek bisnis dengan cara tidak baik seperti memaksa, menekan, bohong, janji-janji muluk, mengganggu, NYEPAM, dan sebagainya, sekali lagi, itu adalah oknum.


Ada Cara Tanpa Mencari Tapi Dicari

Jika Anda memang tidak mau mencari orang, sebenarnya ada strateginya. Andalah yang dicari bukan mencari. Memang bisa? Tentu saja bisa. Banyak yang bergabung dengan HNI HPAI melalui Amar Store bukan karena saya yang mencari, tetapi mereka yang mencari.

Bagaimana caranya? Ada panduan di member area Amar Store yang bisa Anda pelajari kemudian dipraktekan. Anda tidak perlu mencari-cari orang, tetapi bagaimana agar Anda menarik orang lain. Juga bagaimana caranya agar “Anda bisa hadir” di hadapan orang yang mencari peluang bisnis MLM.

Sebenarnya, yang mencari bisnis MLM itu banyak lho. Jika kita memahami strateginya, maka yang mencari itu bisa menemukan Anda.

Saya tidak akan menyuruh Anda langsung memahami dan langsung bergabung, sebelumnya fahami dulu dengan bijak, dengan informasi yang benar dan valid, kemudian putuskan bergabung.

Jika masih ada pertanyaan, mungkin pertanyaan Anda sudah dijawab disini.

Satu hal yang saya alami sendiri adalah, hal-hal negatif yang dituduhkan orang, baik katanya pengalaman sendiri apalagi hanya praduga, tidak terjadi di HNI HPAI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar