Ini Dia 5 Strategi Pemasaran Produk yang Akan Menarik Hati Pelanggan Anda - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Selasa, 20 Juli 2021

Ini Dia 5 Strategi Pemasaran Produk yang Akan Menarik Hati Pelanggan Anda

 

Nyaris tiap-tiap perusahaan selalu meletakkan pemasaran atau marketing produk sebagai bagian paling penting. Sebab dari sebuah pemasaran, tampilan perusahaan itu akan ditentukan. Untuk menjalankan sebuah pemasaran produk supaya bisa meraih target perusahaan, umumnya akan disusun strategi pemasaran. Lalu seperti apa strategi pemasaran produk yang akan menarik hati pelanggan?

Strategi pemasaran merupakan langkah yang akan dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produknya secara lebih luas kepada masyarakat. Tidak sedikit strategi pemasaran yang bisa diaplikasikan oleh setiap perusahaan. Berikut ini 5 strategi pemasaran produk yang akan menarik hati pelanggan.


1. Penggunaan Media Sosial secara Aktif

Di zaman millennial saat ini, tiap-tiap perusahaan pasti setuju kalau media sosial amat berperan sebagai media pemasaran yang efektif. Pasalnya nyaris setiap lingkungan di dalam lapisan masyarakat Indonesia amat aktif menggunakannya. Melalui media sosial ini perusahaan bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan berbagai audiens secara luas.

Disamping itu, anggaran yang dikeluarkan pun cukup murah bila dibandingkan dengan sarana pemasaran lainnya dengan hasil yang relatif menjanjikan. Strategi marketing di media sosial pun memungkinkan perusahaan untuk memilih pangsa yang cocok dengan produk yang akan dijual. Sehingga produk yang dipasarkan mempunyai peluang tinggi terhadap penjualan. Kini media sosial yang masih popular di kalangan masyarakat antara lain Instagram, Facebook, Line dan Twitter.


2. Promosi atau Bagi-bagi Produk Secara Gratis

Strategi promosi dengan memberikan produk secara gratis masih dinilai sebagai teknik yang paling berhasil. Pasalnya, siapa orangnya yang tidak ingin suatu produk yang diberikan dengan cara gratis? Alasan lainnya dari strategi ini ialah mungkin masyarakat belum membeli produk itu karena mereka memang belum merasakan perlu memakainya sehingga ketika mereka memperoleh produk itu lewat penawaran produk cuma-cuma, mereka akan mencoba dan memungkinkan setelahnya akan terjadi pembelian.

Tiap-tiap perusahaan bisa menawarkan produknya lewat pemilihan suatu acara atau event yang tepat. Penawaran dapat pula dilakukan dengan product bandling atau personal approach terhadap calon pembeli. Jika produk perusahaan tersebut dalam bentuk media digital maupun jasa, maka perusahaan itu dapat menawarkan coba-coba gratis sehingga bisa menarik perhatian calon pembeli/konsumen dengan mengetahui lebih dalam mengenai produk yang dijual.


3. Pilih Lokasi yang Strategis

Segmen yang tidak kalah pentingnya berhubungan dengan pemasaran produk ialah lokasi atau tempat yang strategis. Lokasi yang dimaksud yaitu tempat penjualan produk Anda. Kehadiran produk Anda saat ditempatkan di lokasi yang strategis memungkinkan untuk lebih nampak oleh para calon pembeli/pelanggan Anda. Sehingga memicu mereka untuk mengadakan pembelian dan penjualan bisa meningkat ketimbang Anda meletakkan produk di lokasi yang kurang strategis.

Anda dapat mengetahui kalau suatu tempat atau lokasi bisa dikatakan strategis atau tidak dengan cara Anda mesti menganalisa target pasar dan menyesuaikannya dengan produk yang Anda pasarkan. Sehingga Anda dapat dengan gampang dan efisien meraih target pasar Anda. Misalnya, bila produk yang dijual adalah alat tulis dan sejenisnya, Anda bisa memilih tempat/lokasi di sekitar sekolah atau instansi pendidikan lainnya. Hal ini memungkinkan produk yang Anda pasarkan akan lebih gampang ditemukan dan mengakomodasi kebutuhan calon konsumen Anda.


4. Tawarkan Insentif Untuk Rekomendasi

Sebuah produk bisa dianggap berkualitas bila memperoleh kepercayaan yang tinggi dari masyarakat luas. Hal ini dapat diperoleh bila produk Anda tersebut ada yang menganjurkannya atau memberikan rekomendasi. Untuk memperoleh testimoni/rekomendasi dari pembeli Anda yang sudah mempergunakan produk, Anda bisa memberikan penghargaan atau apresiasi berbentuk insentif. Bentuk apresiasi ini tidak mesti selamanya berupa uang, namun dapat dalam wujud produk hadiah atau potongan harga. Lewat penawaran insentif yang akan diberikan, secara tidak langsung Anda sudah memperoleh 2 target pasar sekaligus, yakni pelanggan Anda yang setia, dan calon konsumen yang telah melihat testimoni produk Anda.


5. Jalinlah Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pelanggan yang loyal adalah bagian utama bagi perusahaan Anda sebab mereka secara berulang kali membeli produk Anda. Hal ini artinya income rutin yang Anda peroleh tidak terlepas dari kesetiaan pelanggan Anda itu. Supaya tidak kehilangan konsumen di tengah maraknya pesaing  pasar, maka yang bisa Anda lakukan ialah memberikan penghargaan atau apresiasi terhadap para pelanggan. Penghargaan itu bisa berupa memenuhi input dan saran yang mereka berikan atau mengirimi mereka hadiah karena telah berlangganan. Termasuk membuat UI yang mudah dipahami, menghadirkan layanan pelanggan yang tepat dan responsif, dll.

Saat strategi pemasaran produk telahh Anda lakukan sesuai planning, maka ada baiknya disertai dengan sistem pembayaran yang bisa mempermudah pelanggan Anda dalam melakukan transaksi pembelian produk. Salah satunya Anda bisa memberikan mereka kemudahan menjalankan pembayaran lewat berbagai saluran pembayaran yang tidak merepotkan, yakni payment gateway.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar