SEO atau SEM, Manakah yang Lebih Ampuh dan Penting? - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Sabtu, 24 Juli 2021

SEO atau SEM, Manakah yang Lebih Ampuh dan Penting?

 

SEO dan SEM adalah dua hal yang merupakan bagian utama dari bidang internet marketing. Keduanya, yakni SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) merupakan unsur dari search marketing.

SEO merupakan taktik pemasaran online yang memiliki tujuan untuk menampilkan website Anda pada halaman pertama di hasil pencarian search engine untuk keyword (kata kunci) pilihan Anda secara organik.

Sedangkan SEM merupakan siasat supaya website Anda mendapatkan lalu lintas kunjungan yang tinggi dengan cara membayar sejumlah uang seperti menjalankan iklan pay per click (PPC) ataupun Sponsored Ads.

Apabila kita bicara tentang pemakaian biaya, SEM tentunya akan memerlukan biaya lebih banyak. Khususnya bila Anda memakai iklan atau ads, seperti Google Ads Word.

Google Ads merupakan salah satu langkah untuk melakukan iklan di internet yang sangat dikenal oleh orang awam. Dan juga mempunyai cara pembayaran yang mudah yakni cuma membayar iklan yang mendapatkan interaksi berupa klik saja dari pengguna/pengunjung.

Kita pun dapat memperoleh spot khusus di SERP dimana website kita bisa tampil pada halaman pertama dan bagian teratas dari SERP. Akan tetapi apakah SEM merupakan teknik yang paling ampuh untuk meng-iklankan website anda?

Sementara itu SEO bisa dijalankan dengan beberapa cara yang organik. SEO yang ampuh terdiri dari tiga hal yakni on-page, off-page dan technical SEO.

SEO On-page ialah cara Anda mengoptimalkan konten Anda supaya bisa dikenali oleh search engine. SEO Off-page merupakan upaya bagaimana kita mencoba memperoleh backlink dari website lain, sedangkan SEO Technical merupakan  proses memaksimalkan website Anda pada tahap crawling atau indexing.

Manakah yang lebih baik dalam memberikan ROI, SEO atau SEM?

Sponsored ads atau iklan berbayar akan men-charge Anda untuk setiap klik yang terjadi secara valid. Tetapi, SEO yang efisien pun tidaklah cuma-cuma, khususnya bila Anda memiliki target pasar khusus.

Anda bisa dengan gampang menghitung Return of Invesment (ROI) dari taktik SEM sebab Anda mengtahui tentang biaya yang dikeluarkan. Hasil dari SEM pun dapat dirasakan dampaknya dengan cepat.

Meskipun SEO memerlukan waktu supaya kita dapat menikmati hasilnya, namun kita bisa memaksimalkan siasat kita setiap waktu tanpa mesti kehilangan beberapa hal.

SEO juga dapat memberikan lebih baik return of invesment. Pasalnya kita dapat menyesuaikan banyak hal supaya SEO kita kian efisien, seperti menambah kualitas konten, memperbagus desain website Anda atau menambahkan gambar untuk menarik perhatian pengunjung.

Suatu bisnis yang dibangun untuk tetap bertahan dalam jangka waktu yang relatif lama sangat membutuhkan strategi marketing yang baik dan bisa diandalkan. Bisnis dengan sustainability yang baik tentunya akan mempunyai lebih banyak peluang mendapatkan pengunjung yang akan berkunjung ke website/blog mereka. Ini artinya akan meningkatkan conversion rate sehingga berujung jadi valuable customer.

Memakai SEO merupakan cara yang paling baik untuk memperoleh sustainability yang baik. Namun SEM akan menyajikan Anda banyak keuntungan dalam waktu cepat seperti brand awareness dan brand recognition yang cepat, bisa menghasilkan revenue secara singkat, bisa mengembangkan bisnis Anda secara cepat dan beberapa keuntungan lainnya.

Tetapi setiap keuntungan tersebut akan dapat Anda peroleh selama Anda membayar Google Ads. Dalam jangka waktu lama, hal ini tentunya akan sedikit memberatkan keuangan Anda.

Sementara itu SEO dalam jangka waktu yang singkat kemungkinan tidak akan menyajikan keuntungan secara instan. Anda mesti memaksimalkan SEO website Anda guna memperoleh hasil yang memuaskan. Dalam jangka waktu yang lama, SEO merupakan solusi terbaik. Jika Anda telah trending untuk sebuah kata kunci, maka Anda cuma perlu melakukan SEO on page untuk menjaganya. SEO akan membantu Anda untuk menguasai pasar tanpa mesti cemas dengan uang Anda.

Bila Anda memilih untuk konsentrasi dengan SEO, maka Anda bisa memaksimalkan konten Anda untuk bisa menarik perhatian pengunjung. Berlainan dengan SEM, Anda tak akan dibatasi oleh anggaran yang Anda punyai. Tetapi SEO pun mempunyai sejumlah kelemahan seperti cukup lama waktu yang diperlukan untuk memperoleh hasil, cukup bersaing, diperlukan konten yang memiliki kualitas, dan backlink reguler.

Sementara itu SEM akan memastikan iklan Anda muncul di atas pada SERP dan menyajikan pada Anda kendali penuh terhadap iklan Anda dan bagaimana iklan tersebut muncul. Iklan juga akan menawarkan Anda kemudahan dalam menampilkan berbagai produk atau jasa yang Anda jual.

Keunggulan SEM lainnya ialah feedback yang diperoleh dengan cara real time yang akan menyajikan Anda informasi dengan cepat mengenai apa yang mesti diperbaiki. Akan tetapi tentunya SEM memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Nah, jika kita membicarakan tentang keampuhan atau keefektifan dari kedua strategi tersebut, SEO atau SEM, maka akan terdapat sisi positif dan negatif dari kedua strategi marketing itu. Lalu strategi mana yang mesti digunakan? Tergantung dari berapa banyak anggaran yang akan dikeluarkan dan bagaimana hasil yang ingin didapatkan. Ada baiknya bila Anda menggunakan dua jenis strategi itu untuk memperoleh hasil yang optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar