Strategi Branding Cepat Dengan Selebgram Marketing - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Jumat, 23 Juli 2021

Strategi Branding Cepat Dengan Selebgram Marketing

 

Selebgram marketing adalah strategi yang termasuk simpel, murah, dan amat ampuh untuk branding produk Anda via Instagram. Kesadaran merek bisa terdorong naik dan sekaligus meningkatkan follower.

Dan siapa nyana, pemasaran lewat selebgram ini malahan bisa dipergunakan selaku media untuk merilis suatu produk.

Taktik ini umum disebut dengan influencer marketing. Berdasarkan data starngage di tahun 2017 lalu saja 50 persen pengguna internet di Indonesia memakai Instagram, dan itu berarti 48 juta orang memakai platform sosial media Instagram.

Tidak cuma itu, 74 persen customer menaruh kepercayaan kepada sosial media dalam mengambil keputusan membeli. Follower juga lebih komunikatif (engage) dengan account seleb yang mereka follow dibanding dengan account bisnis. Dengan menyelaraskan follower dari selebriti dengan sasaran pasar, kita bisa menembak lebih jitu.

Hal inilah yang menciptakan angka ROI relatif besar saat kita memakai selebgram marketing untuk promosi produk dan brand kita di Instagram.


Ini Cara Selebgram Marketing Bekerja

Dengan sekian puluh juta masyarakat Indonesia yang main IG di tiap-tiap harinya, Instagram adalah salah satu platform sosial media paling baik untuk brand dapat berkolaborasi dengan para influencer (mereka lazim disebut dengan istilah selebgram).

Iklan yang dilakukan lewat para selebgram ini cukup meruntuhkan wajah dunia periklanan tradisional. Pelanggan langsung dikenalkan pada brand Anda lewat sumber yang lebih bisa dipercaya, dengan kata lain langsung lewat account Instagram tokoh idola tersebut.


Proses Promosi Lewat Selebgram

Biasanya, proses pemasaran ini diawali terlebih dahulu dari sebuah brand yang mengontak atau menghubungi seorang selebgram untuk mengajak berkolaborasi. Selebgram yang diseleksi juga tidak sembarangan. Brand mesti riset terlebih dulu dari segmen mana saja dan berapa follower yang dimiliki oleh selebritis itu.

Bentuk dari kerja sama tersebut bermacam-macam bentuknya. Mulai dari postingan Instagram jenis sponsor (endorse), postingan blog yang dipromosikan lewat sosial media, atau untuk jangka panjang selebgram tersebut bisa dikontrak sebagai brand ambassador.


Harga Selebgram

Makin banyak follower yang dimiliki umumnya makin mahal biaya kerja sama ini. Tidak selalu dengan bentuk uang, jenis endorse pun kadangkala menerima barter postingan Instagram dengan barang atau produk yang dipromosikan.

Jadi Anda tidak mesti mempunyai budget besar untuk menggunakan kemampuan influencer marketing ini.

Bila Anda mempunyai produk yang baik, cari hubungan yang bersahabat, dan sasaran demografi yang jitu, Anda bisa meracik suatu yang bisa menciptakan win-win solution untuk brand Anda dan selebgram.


Menghubungi Selebgram untuk Kerja Sama

Pelanggan di Indonesia cukup memerhatikan perilaku atau gerak langkah selebriti yang diidolakan mereka. Keputusan pembelian terhadap suatu produk bisa terpengaruhi dari eksistensi selebgram ini.


Kontak Profesional Selebgram

Bila produk dan sasaran pasar Anda tepat dipromosikan lewat selebgram. Anda dapat mulai menghubungi mereka untuk bekerjasama. Sesungguhnya tak susah mengontak selebgram yang telah terbiasa bekerjasama dengan brand guna menjalankan paid promote. Mereka umumnya menuliskan email atau kontak lainnya di biografi singkat Instagram miliknya.


Kontak Via Instagram

Bila tidak tercantum data kontaknya, Anda bisa mengirim pesan langsung lewat Instagram dengan memakai fitur Direct Message yang ada di dalamnya. Fitur yang telah dirilis pada beberapa tahun yang lalu ini awal mulanya berperan sebagai wadah berbagi photo secara privat. Tetapi kita juga bisa memakainya untuk berkirim pesan.


Influencer Marketing Agency

Disamping cara di atas itu ada cara lain untuk menjalin kerja sama dengan selebgram. Yakni memakai jasa agency influencer marketing. Agency seperti ini telah terbiasa menjadi jembatan antara brand dan selebgram.

Keunggulan memakai jasa agensi ialah mereka mempunyai data sejumlah selebgram yang ditanganinya. Agency semestinya bisa menganalisa siapa seleb yang tepat untuk berkolaborasi dengan brand kita. Mereka juga bisa menolong kita mempersiapkan konten photo atau postingan yang cocok dengan tujuan kita. Lebih dari itu, mereka telah mempunyai paket harga yang akan ditawarkan, kita tinggal memilih mana yang cocok dengan budget yang kita miliki.

Kekurangannya telah jelas, dengan memakai agency berarti kita mesti merogoh biaya lebih dalam dibanding bila langsung menghubungi sang selebgram. Tetapi bagi kita yang tidak memahami banyak masalah ini, kita dapat terima jadi.

Sisanya kita tinggal berdiskusi dan perundingan mengenai konten posting, jadwal posting, dan harga. Sesudah promosi jalan, kita bisa memantau performa dan penilaian strategi pemasaran ini.

Bagaimana, anda tertarik memakai strategi selebgram marketing untuk branding yang lebih gampang dan murah ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar