10 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis Anda - Halal Mart Amar Store HNI HPAI - Medan

Breaking

Rabu, 21 Juli 2021

10 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis Anda


 Sekarang sosial media sudah memiliki peran penting dalam strategi marketing untuk bisnis kecil atau besar. Saat ini berbagi informasi kepada follower atau pengunjung bukanlah satu-satunya manfaat menggunakan sosial media untuk suatu bisnis.

Tidak sedikit UKM di seluruh dunia sudah mendapatkan cara bagaimana sosial media bisa memberikan kontribusi keberhasilan dan kemajuan pada segala aspek. Bertambahnya jenis sosial media yang semakin beragam, mulai dari sosial media personal, blog, biro jodoh hingga e-commerce pun ikut membantu tumbuhnya perjalanan bisnis itu.


Berikut ini 10 manfaat sosial media untuk bisnis.

1. Cara yang Mudah untuk Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelanggan Anda

Salah satu kunci keberhasilan untuk seluruh bisnis adalah dengan mengetahui lebih dekat pelanggannya. Sosial media menjadikan proses pengenalan ini lebih gampang ketimbang sebelumnya.

Dengan tools dan fitur yang tersedia, sekarang Anda dapat mengetahui secara detail tentang siapa saja pengguna/pelanggan Anda, bahasa yang digunakan mereka, jarak usia, malahan jenis kelamin lewat sosial media. Informasi ini bisa mendukung proses branding dan promosi kepada sasaran konsumen yang tepat. Dengan sasaran konsumen yang tepat diharapkan menyajikan keuntungan lebih dari investasi yang sudah Anda lakukan.


2. Membantu Pencarian Target Konsumen Lebih Efektif

Geo-targetting adalah cara yang ampuh jika Anda ingin mengirimkan pesan terhadap sasaran konsumen secara khusus menurut lokasi mereka. Sosial media seperti Instagram, Twitter, dan Facebook mempunyai perangkat pendukung yang membantu Anda untuk memberikan informasi yang tepat untuk konsumen.


3. Membantu Menemukan Konsumen Baru dan Meluaskan Target Pasar

Sosial media seperti Instagram dapat mendukung bisnis kecil guna menemukan sekaligus mencari konsumen yang potensial.


4. Memudahkan dalam Memberikan Umpan Balik Secara Langsung

Sosial media dapat memberikan Anda jalan atas umpan balik positif atau negatif dari konsumen yang menjadi informasi berharga dari aspek konsumen. Dengan tersedianya fanpage pada Facebook (misalnya) membuat konsumen dapat langsung memberikan pertanyaan, kritik atau saran pada kolom komentar atau mengirimkan pesan tentang produk atau layanan Anda.


5. Mengembangkan Target Pasar

Berkat sosial media Anda dapat memperoleh informasi penting dari pesaing yang kemudian bisa menambah strategi marketing Anda. Dengan langkah ini, Anda dapat menganalisa teknik apa saja yang dipakai oleh pesaing dan menjalankan hal yang lebih baik daripada yang mereka lakukan.


6. Menunjang Menaikkan Pengunjung Website dan Ranking Mesin Pncarian (Search Engine)

Salah satu manfaat hebat dari sosial media untuk bisnis adalah menaikkan jumlah pengunjung website. Walaupun tidak signifikan namun media sosial pun dapat menaikkan ranking website Anda dengan memberikan sinyal positif pada mesin pencarian atau search engine.


7. Membantu Membagikan Informasi Lebih Cepat

Dengan hadirnya sosial media, penyampaian informasi untuk konsumen menjadi lebih gampang dan singkat. Pasalnya apa saja yang diposting di sosial media akan segera muncul di timeline follower atau pengikut Anda sehingga dapat langsung membuat traffic ke website, malahan penjualan.


8. Membantu Konsumen Menjangkau Bisnis Anda

Sosial media dapat menjangkau siapa saja yang menggunakannya, entah itu calon konsumen ataupun bisnis lain yang memerlukan jasa atau layanan maupun produk bisnis Anda. Mereka bisa  memanfaatkan sosial media dalam mencari produk atau jasa yang dibutuhkan.


9. Meningkatkan Brand Awareness dan Promosi dengan Biaya yang Minim

Sosial media bisa membantu usaha Anda untuk menaikkan brand awareness dengan biaya yang dapat dikatakan nyaris tidak ada. Biaya yang dibutuhkan sekali untuk hal ini yakni waktu. Karena membentuk brand dengan sosial media minimal memerlukan proses, tenaga dan waktu yang tidak singkat.


10. Lebih Dekat dengan Konsumen Melalui Sosial Media

Sosial media adalah media yang cocok untuk membangun relasi dengan konsumen Anda. Interaksi dengan konsumen dibentuk sebelum, pada saat, dan sesudah konsumen mempergunakan jasa mereka.

‘Sebelum’ ialah pada waktu calon wisatawan melakukan penelitian mengenai lokasi wisata ataupun jasa di sosial media. ‘Pada saat’ ialah waktu wisatawan berada di lokasi atau tempat/objek wisata dan ‘setelah’ yaitu saat wisatawan selesai melakukan wisata dan mempublish konten mereka pada waktu liburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar